• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Mobile Platform Potensia Menggunakan Metode Design Thinking | Aulia | JSI: Jurnal Sistem Informasi (E-Journal)

    Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Mobile Platform Potensia Menggunakan Metode Design Thinking

    Alfina Ayu Aulia, Retno Indah Rokhmawati, Mochamad Chandra Saputra

    Abstract


    Potensia adalah sebuah platform yang fokus dalam menyediakan layanan konseling karier secara daring. Untuk meningkatkan jumlah pengguna melalui pelayanan dengan inovasi yang berkelanjutan sesuai rencana strategis perusahaan, Potensia mencanangkan adanya pengembangan ke arah aplikasi berbasis mobile. Situs web yang menjadi media Potensia dalam memberikan layanan kepada penggunanya saat ini didapati belum mengintegrasikan kebutuhan pengguna secara menyeluruh sehingga diharapkan aplikasi mobile yang akan dikembangkan juga mampu menyelesaikan permasalahan ini. Penelitian ini bertujuan untuk merancang pengalaman pengguna aplikasi mobile platform Potensia yang diharapkan dapat menjamin kemudahan dan kenyamanan pengguna ketika menggunakan aplikasi nantinya. Perancangan pengalaman pengguna pada penelitian ini dilakukan dengan melalui lima tahap dalam design thinking yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan test. Design thinking dipilih sebagai metode dalam melakukan perancangan pengalaman pengguna karena dalam praktiknya melibatkan proses kolaborasi dengan calon pengguna, sehingga produk yang dihasilkan bisa sesuai dengan masalah, keinginan, dan kebutuhan yang dihadapi pengguna. Penelitian ini menghasilkan suatu prototipe sebagai desain solusi akhir aplikasi mobile Potensia yang mana dengan menggunakan metode usability testing dan User Experience Questionnaire (UEQ), didapatkan hasil pengujian prototipe yang positif dengan nilai 99,5% untuk komponen efektivitas, 98,2% untuk komponen efisiensi dengan time based efficiency sebesar 0,071 goals/sec, 93% untuk komponen kepuasan, dan kategori excellent untuk setiap skala dalam UEQ



    DOI: https://doi.org/10.18495/jsi.v15i2.20729

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    SSN ONLINE      : 2355-4614

     

    Recommended Tools

     

       

     

    Indexing Sites

     

             Logo Grammarly Logo Mendeley Logo Mendeley      

     

    Statistics

     

    Flag Counter

    View My Stats