Model Sistem Antrian Menggunakan Metode Discrete Event Simulation Pada Gerai Makanan Cepat Saji (Studi Kasus: McDonald’s Darmo Surabaya)

Athalia Diah Rizqullah, Retno Dwi Rahmawati, Mochammad Khusien Baagaskoro, Offy Novanindra Aibi, Dwi Rolliawati

Abstract


Suatu kegiatan antrian disebabkan oleh tingginya frekuensi pelanggan yang dating dan fasilitas pelyanan yang kurang memadai. Kurangnya fasilitas dapat disebabkan oleh kurangnya sumber daya sehingga terjadi antrian. Penelitian ini berfokus pada system pelayanan melalui kasir dan menggunakan mesin self ordering kiosk  yang disediakan oleh McDonald’s Darmo, serta dimodelkan dengan menggunakan metode simulasi Discrete Event Simulation. Komponen penting dalam pemodelan ini adalah waktu kedatangan, waktu pelayanan, dan pengambilan pesanan. Simulasi dari metode pelayanan yang ada dilakukan dengan menggunakan dua tahap yaitu dengan menggunakan 100 kapasitas dan 1000 kapasitas. Hasil dari simulasi tersebut menunjukkan bahwa pelayanan melalui kasir dan kegiatan pengambilan pesanan perlu dievaluasi kembali. Hal ini menunjukkan bahwa solusi yang dapat diberikan adalah agar dapat melayani dengan kapasitas 1000 pelanggan, perlu menambahkan sumber daya 2 kasir, 2 mesin, dan 4 orang pada bagian pengambilan pesanan untuk dapat mengurangi waktu antrian pelanggan baik pada metode pelayanan dengan kasir, mesin, maupun pada pengambilan pesanan.




DOI: https://doi.org/10.36706/jsi.v15i2.21925

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SSN ONLINE      : 2355-4614

 

Recommended Tools

 

   

 

Indexing Sites

 

         Logo Grammarly Logo Mendeley Logo Mendeley      

 

Statistics

 

Flag Counter

View My Stats