Faktor TRUST Sebagai Penentu Niat Adopsi Mobile QRIS Dengan Value-Based Adoption Model Studi Kasus Di Provinsi Papua Barat

Nurul Putri Ramadhani, Dedi Iskandar Inan, Christian Dwi Suhendra, Ratna Juita, Marlinda Sanglise

Abstract


QRIS adalah sistem pembayaran yang menstandarkan seluruh pembayaran non tunai dengan menggunakan media QR code. Di Provinsi Papua Barat trend penggunaan QRIS semakin meningkat namun dibandingkan dengan jumlah uang yang beredar di provinsi tersebut relatif kecil. Faktor kepercayaan penting bagi individu untuk mengadopsi Mobile QRIS karena mereka perlu melihat transaksi non tunai menggunakan Mobile QRIS ini aman dan terpercaya. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk menyelidiki apakah faktor kepercayaan merupakan penentu niat adopsi ponsel QRIS di Provinsi Papua Barat dengan mengintegrasikan model VAM. Tiga variabel kontrol juga diperkenalkan dalam model sebagai efek moderasi terhadap niat untuk mengadopsi variabel: umur, pengalaman, pendidikan. SEM-PLS digunakan untuk menganalisis data. Temuan penelitian menunjukkan Perceived Usefulness, Perceived Enjoyment, Perceived Fee dan Trust menunjukan pengaruh signifikan terhadap Niat Adopsi Mobile QRIS di Papua Barat (R2=74,9%), sedangkan Perceived Technicality dan semua variabel moderasi tidak berpengaruh signifikan secara statistik terhadap niat untuk mengadopsi Mobile QRIS di Papua Barat. Hal ini menunjukkan bahwa kepercayaan merupakan faktor yang mempengaruhi niat untuk mengadopsi Mobile QRIS di Papua Barat.

Kata Kunci— Trust, Mobile Banking, QRIS, Value-Based Adoption Model, Intention to adopt




DOI: https://doi.org/10.18495/jsi.v15i2.22231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SSN ONLINE      : 2355-4614

 

Recommended Tools

 

   

 

Indexing Sites

 

         Logo Grammarly Logo Mendeley Logo Mendeley      

 

Statistics

 

Flag Counter

View My Stats