ANALISIS KUALITAS WEBSITE SIAPBESIBOK BERDASARKAN ISO/IEC 15504, WEBQUAL 4.0 DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA)
Abstract
Penerimaan Peserta Didik Baru online digunakan untuk menerima dan menyeleksi calon peserta didik baru dengan website SIAPBESIBOK. Dalam pengembangan website SIAPBESIBOK masih terdapat kendala seperti sering error, fitur yang belum berfungsi dengan baik, dan belum pernah dilakukan analisis mengenai kualitasnya sehingga perlunya analisis kualitas untuk menunjang website bekerja lebih baik. Analisis dilakukan dengan metode webqual 4.0 untuk menilai kualitas website dari pengguna akhir. Metode IPA untuk menilai tingkat kepentingan pelayanan dengan persepsi pengguna terhadap kinerja website untuk mengidentifikasi layanan yang perlu ditingkatkan. ISO/IEC 15504 menilai perangkat lunak berdasarkan nilai kapabilitas dan prosesnya. Pemetaan webqual 4.0 dan ISO/IEC sebagai referensi pembuatan rekomendasi, pemetaan dilakukan dengan mencari hubungan yang sesuai pada setiap penjelasan antara kedua metode. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dari 3 sekolah di Kabupaten Mempawah. Dari analisis kesesuaian didapatkan nilai rata-rata 95.92% dikategorikan tidak puas, tingkat kinerja lebih rendah daripada harapan pengguna sehingga kualitas website masih belum baik karena kinerja website rendah. Analisis kesenjangan menyatakan semua nilai negatif dengan nilai rata-rata -14.90, artinya website SIAPBESIBOK masih belum memenuhi harapan dari pengguna. Analisis kuadran terdapat 6 indikator webqual 4.0 pada kuadran pertama yang harus dilakukan perbaikan yaitu USA1, USA6, INF3, SV4, SV5, SV6. Hasil dari analisis dapat disimpulkan kinerja website masih rendah dan belum memenuhi harapan dari pengguna sehingga perlunya perbaikan untuk meningkatkan kualitas website.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.18495/jsi.v15i2.22415
Refbacks
- There are currently no refbacks.
SSN ONLINE : 2355-4614
Recommended Tools
Indexing Sites