Aplikasi Electronic Customer Relationship Management Untuk Meningkatkan Efektifitas Hubungan Pelanggan Toko AEMA Surabaya

Muhammad Rafly Mahendra, Sri Hariani Eko Wulandari, Antok Supriyanto

Abstract


Persaingan usaha yang ketat dewasa ini mengharuskan perusahaan untuk berfokus kepada kebutuhan yang diinginkan oleh konsumen. Beberapa riset yang telah dilakukan, menunjukan bahwa dalam strategi bisnis mempertahakan pelanggan lama lebih menguntungkan dari pada menarik pelanggan baru dan belum mengoptimalkan pada pelanggan lama. Toko AEMA Kacamata Surabaya ini belum memiliki hubungan yang baik dengan pelanggan. Electronic Customer Relationship Management merupakan evolusi dari Customer Relationship Management yang kemudian dilakukan secara elektronik. CRM juga dapat dipahami sebagai suatu sistem yang mengintegrasikan fungsi dan strategi pemasaran dan layanan untuk meningkatkan penjualan dan kepuasan pelanggan. Tetapi saat ini E-CRM lebih menekankan pada perubahan kebijakan dan prosedur yang didesain untuk meningkatkan penjualan dan customer retention di berbagai lini perusahaan. Dengan tercatatnya data pelanggan maka tidak menutup kemungkinan bahwa E-CRM dapat meningkatkan efektifitas hubungan pelanggan. Data pelanggan yang tercatat meliputi nomor telepon dan gender pelanggan, E-CRM dapat mencatat data pelanggan dari proses transaksi yang sebelumnya tidak mencatat data pelanggan dari proses transaksi dan membantu pemilik toko atau karyawan lainnya untuk memberikan data penjualan yang berhubungan dengan pelanggan sehingga dapat membantu pengambilan keputusan.




DOI: https://doi.org/10.18495/jsi.v16i1.23085

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SSN ONLINE      : 2355-4614

 

Recommended Tools

 

   

 

Indexing Sites

 

         Logo Grammarly Logo Mendeley Logo Mendeley      

 

Statistics

 

Flag Counter

View My Stats