Analisis Perbandingan User Experience pada Aplikasi E-wallet menggunakan Metode UTAUT dan EUCS (Studi Kasus : Dana dan OVO)

Atio Ramona Sitanggan, Dinda Lestarini, Sarifah Putri Raflesia, Dinna Yunika Hardiyanti, Ahmad Rifai, Hardini Novianti, Mira Afrina, Ghita Athalina

Abstract


Pertumbuhan teknologi telah menjangkau bidang finansial diantaranya perkembangan instrumen pembayaran. Metode pembayaran di Indonesia dimulai dengan sistem barter, diikuti penemuan koin kemudian uang berbasis kertas hingga perkembangan teknologi memperkenalkan sistem pembayaran e-payment atau tanpa uang tunai, seperti dompet digital (e-wallet). Di antara jenis-jenis layanan e- wallet saat ini, aplikasi DANA dan OVO menjadi aplikasi yang memiliki jumlah pengguna aktif yang cukup konsisten setiap bulannya dan berada di posisi tiga besar. Persaingan yang pesat mengakibatkan perusahaan terus berusaha meningkatkan masing-masing fitur layanan pada aplikasi sebab kesuksesan aplikasi bergantung pada kepuasan user terhadap teknologi yang disajikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan user experience, tingkat kesuksesan dan faktor -faktor yang mempengaruhi application performance antara aplikasi DANA dan OVO. Metode yang digunakan yaitu gabungan dari Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) dengan tiga variabel dan End User Computing Satisfaction (EUCS) dengan 5 variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa DANA lebih unggul dimana terdapat delapan hipotesis yang diterima dari sembilan hipotesis yang diajukan. Sementara itu, hanya enam hipotesis yang diterima dari aplikasi OVO. Secara keseluruhan aplikasi DANA unggul dalam dua indikator apabila dibandingkan dengan aplikasi OVO. Hipotesis yang ditolak dapatkan menjadi indikator usulan kepada pihak perusahaan untuk meningkatkan layanan yang diberikan. 




DOI: https://doi.org/10.18495/jsi.v16i1.23516

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SSN ONLINE      : 2355-4614

 

Recommended Tools

 

   

 

Indexing Sites

 

         Logo Grammarly Logo Mendeley Logo Mendeley      

 

Statistics

 

Flag Counter

View My Stats