PENGARUH USABILITY FACTOR WEBSITE E-COMMERCE MODEL B2C TERHADAP KEPERCAYAAN USER

yudhi windarto

Abstract


Abstract
Common Problem in e-commerce operation is about customer’s trust. There are many effort have been done to gain customer’s trust. One of these effort is to improving website usability. Improvement of website usability will be enhancing effectivity, efficiency and user satisfaction. With always keep and improve effecivity, efficiency and user satisfaction of website’s usability will improve customer’s trust. This research proof hypotesis that customer’s trust (dependent variabel) in e-commerce model B2C influenced by website’s usability factor. There are four usability factor defined (independent variabels) : graphic design, structur design, content design and social cue design. This qualitative research using user survey method for gathering data, and using Regression –Correlation test to know the relationship between variabels. Result of this research show that graphic design, structur design, content design and social cue design positive influencing customer’s trust. Content design have highest correlation rather then three other of website’s usability factor. Level contribution of all usability factor defined to customer’s trust is 43,2%. It’s means there are other aspects that also influencing customer’s trust beyond that four usability factor that need to deeper analysis.
Keywords: usability, usability factor, customer’s trust, website e-commerce B2C


Abstrak
Permasalahan yang banyak dihadapi oleh para pelaku e-commerce adalah bagaimana bisa memperoleh kepercayaan dari konsumen. Banyak hal diupayakan untuk memperoleh kepercayaan dari konsumen baik dari kualitas produk maupun layanan. Salah satu hal yang bisa diupayakan adalah dengan meningkatkan usabilitas dari website. Hal ini akan membuat peningkatan efektifitas, efisiensi dan kepuasan dari pengguna. Dengan selalu menjaga dan meningkatkan efektifitas, efisiensi dan kepuasan pengguna akan bermuara pada peningkatan kepercayaan (trust) pengguna/ konsumen. Penelitian ini ingin membuktikan hipotesa yang dibangun, bahwa faktor usabilitas website e-commerce B2C berpengaruh terhadap kepercayaan konsumen (customer trust) sebagai dependent variabel. Terdapat 4 faktor usability yang di tetapkan sebagai variabel bebas yaitu : graphic desain, struktur desain, content desain, dan social cue desain. Penelitian ini bersifat kuantitatif, pengumpulan data dilakukan dengan metode user survey dan menggunakan uji regresi-korelasi, untuk melihat hubungan antar variabel / faktor usability dengan kepercayaan konsumen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif dari faktor usabilitas graphic desain, structur desain, content desain dan social cue desain terhadap customer trust. Content desain memiliki nilai korelasi tertinggi diantara 3 yang lain. Besarnya kontribusi dari 4 faktor usabilitas ini terhadap customer trust sebesar 43,2%. Hal ini menunjukkan ada aspek-aspek lain yang juga berpengaruh pada customer trust,
yang perlu di kaji lebihjauh.
Kata kunci: usability, usability factor, customer’s trust, website e-commerce B2C


Full Text:

1106-1120


DOI: https://doi.org/10.36706/jsi.v8i2.2455

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SSN ONLINE      : 2355-4614

 

Recommended Tools

 

   

 

Indexing Sites

 

         Logo Grammarly Logo Mendeley Logo Mendeley      

 

Statistics

 

Flag Counter

View My Stats