• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM RESERVASI ONLINE UNTUK LAYANAN KEBUN RAYA PURWODADI-LIPI | Apriyanti | JSI: Jurnal Sistem Informasi (E-Journal)

    PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM RESERVASI ONLINE UNTUK LAYANAN KEBUN RAYA PURWODADI-LIPI

    Diah Harnoni Apriyanti, Andarta Fardhanul Khoir

    Abstract


    Abstrak
    Pemerintah di bawah komando KemenPANRB, saat ini sedang gencar mendorong instansi-instansi pemerintah di bawahnya untuk meningkatkan pelayanan kepada publik. Untuk memenuhi tuntutan tersebut, salah satu inovasi pelayanan publik yang dilakukan oleh Kebun Raya Purwodadi adalah menyediakan sistem pemesanan/reservasi layanan secara online. Sistem ini dapat dikategorikan juga sebagai salah satu e-government di bidang perkebunrayaan. Tujuan penelitian ini adalah membangun sistem reservasi online yang mudah digunakan oleh pengunjung Kebun Raya Purwodadi. maupun pihak internal Kebun Raya Purwodadi dalam melakukan kontrol dan rekapitulasi terhadap layanan-layanan yang telah dipesan. Sistem reservasi online ini dikembangkan menggunakan metodologi SDLC (System Development Life Cycle) dengan pendekatan model spiral. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP dan MySQL, sedangkan tahap pengujian sistem menggunakan pengujian blackbox. Hasil yang diperoleh adalah Sistem Reservasi Online Kebun Raya Purwodadi yang telah berhasil dibangun dan telah digunakan oleh masyarakat.
    Kata kunci: Reservasi online, inovasi pelayanan publik, e-government, PHP, MySQL, SDLC


    Abstract
    The government under the command of KemenPANRB, push the government agencies under it to improve services to the public. To meet these demands, one of the public service innovation that was made by Purwodadi Botanic Garden is providing an online reservation system. This system can be categorized as one of the e-government in the field of botanic garden. The purpose of this research are to build the online reservation system that easy to use by visitors and the internal staff of Purwodadi Botanic Garden to control and recapitulate the services that have been booked. This online reservation system was developed using SDLC (System Development Life Cycle) methodology with spiral model approach. The programming language that was used was PHP and MySQL, while the system testing phase was using blackbox testing. Online Reservation System at Purwodadi Botanic Garden has been succesfully built and used by the public.
    Keyword: online reservation, public service innovation, e-government, PHP, MySQL, SDLC


    Full Text:

    1025-1037


    DOI: https://doi.org/10.18495/jsi.v8i2.3641

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    SSN ONLINE      : 2355-4614

     

    Recommended Tools

     

       

     

    Indexing Sites

     

             Logo Grammarly Logo Mendeley Logo Mendeley      

     

    Statistics

     

    Flag Counter

    View My Stats