• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS COOPERATIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DAN PENINGKATAN MUTU LULUSAN ALUMNI FASILKOM UNSRI BERBASIS E-LEARNING (STUDI KASUS: MATAKULIAH PEMROGRAMAN WEB, JURUSAN SISTEM INFORMASI FASILKOM | Kurnia | JSI: Jurnal Sistem Informasi (E-Journal)

    PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS COOPERATIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DAN PENINGKATAN MUTU LULUSAN ALUMNI FASILKOM UNSRI BERBASIS E-LEARNING (STUDI KASUS: MATAKULIAH PEMROGRAMAN WEB, JURUSAN SISTEM INFORMASI FASILKOM

    Rizka Dhini Kurnia, Ali Ibrahim, Endang Lestari Ruskan

    Abstract


    Pembelajaran perkuliahan Praktikum Pemrogramn web dengan model Cooperative Learning merupakan perkuliahan berdasarkan kerja kelompok untuk menyelesaikan projek yang diberikan oleh dosen pengampu. Tujuan dengan pembelajaran model Cooperative Learning adalah: (a) dapat meningkatkan hasil belajar akademik; (b) penerimaan terhadap keragaman, yaitu agar mahasiswa menerima teman-temannya yang mempunyai berbagai latar belakang; (c) pengembangan keterampilan sosial, yaitu untuk mengembangkan keterampilan sosial mahasiswa diantaranya: berbagi tugas, aktif bertanya, menghargai pendapat orang lain, memotivasi teman untuk bertanya, mau mengungkapkan ide, dan bekerja dalam kelompok. Sedangkan manfaat dari pembelajaran dengan model Cooperative Learning adalah: (a) mahasiswa yang diajari dengan dan dalam struktur-truktur kooperatif akan memperoleh hasil pembelajaran yang lebih tinggi; (b) mahasiswa yang berpartisipasi dalam pembelajaran kooperatif akan memiliki sikap harga diri yang lebih tinggi dan motivasi yang lebih besar untuk belajar; (c) dengan pembelajaran kooperatif, mahasiswa menjadi lebih peduli pada teman-temannya, dan diantara mereka akan terbangun rasa ketergantungan yang positif untuk proses belajar; (d) pembelajaran kooperatif meningkatkan rasa penerimaan mahasiswa terhadap teman-temannya yang berasal dari latar belakang ras dan etnik yang berbeda. Dari hasil kegiatan pembelajaran Pembelajaran perkuliahan Praktikum Pemrogramn web dengan model Cooperative Learning pada semester gasal 2013 jurusan sistem informasi fakultas ilmu komputer dapat disimpulan bahwa dapat meningkatkan nilai akademik masasiswa dan kemampuan serta pemahaman tentang pemrograman web. Selain proses pembelajaran dengan model Cooperative Learning, kegiatan ini juga menggunakan ICT sebagai salah satu media pendukung yaitu adanya tuturial proses pembelajaran interaktif berbasis multimedia. Sehingga mahasiswa lebih leluasa untuk mencoba kembali dirumah bersama tim kelompok untuk belajar bersama. Dari hasil analisis 80 % mahasiswa dinyatakan berhasil mempelajari materi yang disampaikan dengan model Cooperative Learning. Bahkan berdasarkan hasil diskusi secara langsung dengan mahasiswa, model seperti yang membantu mereka dalam belajar karena mereka dapat secara leluasa bertanya sesama tim, dosen dan dapat berkreasi bersama.

    Kata kunci : Cooperative Learning, E-Learning, Alumni


    Full Text:

    645-654


    DOI: https://doi.org/10.18495/jsi.v6i1.774

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    SSN ONLINE      : 2355-4614

     

    Recommended Tools

     

       

     

    Indexing Sites

     

             Logo Grammarly Logo Mendeley Logo Mendeley      

     

    Statistics

     

    Flag Counter

    View My Stats