Analisa Kinerja Sistem Informasi / Teknologi Informasi pada PT. Bank Central Asia Menggunakan Kerangka IT Balanced Scorecard
Abstract
ABSTRACT
PT. Bank Central Asia is the biggest private bank in Indonesia that always offer various banking solutions which address customers’ financial needs. Through various high quality and targeted products and services, BCA financial solution supports personal financial planning and customers’ business development. KlikBCA Individual (KBI) is one of the services that BCA offers to enable cutomers required to have a thorough measurement of Information System / Information Technology application performance from several aspects. The methodology used in this research is IT Balanced Scorecard. The result of IS/IT performance analysis at PT. Bank Central Asia using IT Balance Scorecard Framework shows that the highest perspective is the company contribution as much as 19.33%, followed by the future perspective as much as 19%, the user orientation perspective as much as 18.8%, and the last is operationalization perspective as much as 14.58%. The final result is 71.71% which indicates that it has reached a good level.
Keywords: IS / IT Performance, IT Balanced Scorecard, KlikBCA Individual.
ABSTRAK
PT. Bank Central Asia merupakan bank swasta terbesar di Indonesia yang selalu menawarkan beragam solusi perbankan yang menjawab kebutuhan finansial nasabah. Melalui beragam produk dan layanan yang berkualitas dan tepat sasaran, solusi finansial BCA mendukung perencanaan keuangan pribadi dan perkembangan nasabah bisnis. KlikBCA Individual (KBI) adalah salah satu layanan yang diberikan BCA kepada nasabah agar dapat melakukan transaksi perbankan dengan praktis, aman dan mudah. Untuk itu diperlukan sebuah pengukuran kinerja aplikasi Sistem Informasi / Teknologi Informasi secara menyeluruh dari beberapa aspek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah IT Balanced Scorecard. Hasil analisa kinerja SI/TI pada PT. Bank Central Asia menggunakan Kerangka IT Balanced Scorecard menunjukkan hasil tertinggi pada perspektif kontribusi perusahaan sebesar 19,33%, lalu perspektif masa depan dengan nilai 19%, yang ketiga adalah perspektif orientasi pengguna sebesar 18,8% dan yang terakhir adalah perspektif operasionalisasi dengan nilai 14,58%. Hasil akhir pencapaian adalah 71,71%, yang berarti sudah berada pada level baik.
Kata kunci: Kinerja SI/TI, IT Balanced Scorecard, KlikBCA Individual.
Full Text:
1491-1502DOI: https://doi.org/10.18495/jsi.v10i1.8039
Refbacks
- There are currently no refbacks.
SSN ONLINE : 2355-4614
Recommended Tools
Indexing Sites