Author Guideline

  1. Artikel adalah Penilaian Kritis Teknologi Informasi dan Metodologi Penelitian yang tidak pernah dipublikasikan melalui publikasi apa pun
  2. Artikel yang Ditulis dalam Bahasa Indonesia ATAU Bahasa Inggris
  3. Artikel meliputi:

a) Judul

Judul harus ringkas dan informatif, menggambarkan hasil penelitian dan variabel-variabel, serta hubungan antara variabel tersebut bisa dilihat dalam judul tersebut. Judul artikel hendaknya  paling banyak 12 kata

b)    Nama Penulis (Tanpa gelar akademis)

c)     Lembaga

d)    E-mail

e)     Abstrak (Inggris dan Indonesia)

Abstract ditulis dalam bahasa Inggris, berisi uraian singkat pentingnya penelitian, tujuan penelitian, metodologi, hasil utama dan kesimpulan. Abstrak berisi ringkasan artikel dan berisi ide-ide pokok yang membuat pembaca tertarik dan berminat untuk membacanya (eye catching). Dibawah paragraf abstrak dicantumkan Keywords (kata kunci) maksimal 6 kata kunci. Kata kunci yang ditulis haraus khusus dan yang sering dipakai dalam artikel. Kata kunci akan digunakan untuk keperluan pengindeksan.

f)     Pendahuluan (tanpa subtitle)

Bagian ini berisi latar belakang, alasan penelitian, rumusan masalah, pernyataan tujuan, dan organisasi penulisan. Adapun penulisannya tidak memakai sub judul  (sub-heading).

g)    Metodologi Penelitian

Bagian ini memuat langkah-langkah peneliti dalam melakukan penelitian, disajikan secara lengkap namun  padat. Kalau melakukan pendataan harus dijelaskan  mulai dari metoda pengambilan sampel sampai dengan teknik analisis.

h)    Hasil dan Diskusi (subtitle / sesuai kebutuhan)

Hasil dan pembahasan diungkapkan dengan padat dan jelas kerangka keilmuan yang diperoleh, bukan merupakan barisan tabel data atau gambar

i)      Kesimpulan

Bagian ini merupakan penutup artikel. Simpulan ditulis tanpa nomor, dan disajikan dalam bentuk paragraf. Implikasi dan keterbatasan penelitian juga disajikan dalam bentuk paragraf.

j)      Daftar Pustaka (Hanya Sumber yang akan disisipkan dirujuk menggunakan Format IEEE)

80 % harus berseumber dari Jurnal yang terbaru.

Semua kutipan dan rujukan yang digunakan oleh penulis harus disajikan dalam bagian ini secara konsisten dengan tulisan, gambar atau tabel yang dikutip

k)    Artikel tersebut harus dikirim secara online ke: http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jsi/login

l)      Semua informasi kemajuan jurnal akan di publikasi via Web dan email. Pemuatan kepastian atau penolakan akan diberitahukan di web dan email.

 

Copyright Notice
Penulis yang mengirimkan naskah harus memahami dan menyetujui bahwa jika diterima untuk dipublikasikan, hak cipta dari artikel adalah milik JSI dan Universitas Sriwijaya sebagai penerbit jurnal.

Hak cipta (copyright) meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan memberikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan setiap reproduksi lain yang sejenis, serta terjemahan. Penulis mempunyai hak untuk hal-hal berikut:

  1. menggandakan seluruh atau sebagian materi yang dipublikasikan untuk digunakan oleh penulis sendiri sebagai bahan pengajaran di kelas atau bahan presentasi lisan dalam berbagai forum;
  2. menggunakan kembali sebagian atau keseluruhan materi sebagai bahan kompilasi bagi karya tulis penulis;
  3. membuat salinan dari bahan yang dipublikasikan untuk didistribusikan di lingkungan institusi tempat penulis bekerja.

JSI dan Universitas Sriwijaya serta Editor melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat atau pernyataan yang salah atau menyesatkan yang dipublikasikan di jurnal ini. Isi artikel yang diterbitkan di JSI adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif dari masing-masing penulis.

 

Privacy Statements

Nama dan alamat email yang dikirimkan ke portal jurnal ini akan digunakan secara khusus hanya untuk keperluan jurnal ini dan tidak akan digunakan untuk keperluan lain atau disebarkan ke pihak lain. 

 

Author Fees

Berdasarkan keputusan Dekan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya, semua biaya, baik biaya review, biaya editor dan biaya pencetakan dan biaya pengiriman makalah kepada penulis akan ditanggung oleh fakultas Ilmu Komputer, Universitas Sriwijaya University.