Analisa Desain Struktur dan Pondasi Menara Pemancar Tipe "Self Supporting Tower" di Kota Palembang

Sheilla Fadila

Sari


 

Perkembangan teknologi dan komunikasi di Indonesia memacu peningkatan pembangunan menara pemancar di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa dan mendesain struktur atas dan pondasi menara pemancar tipe “self supporting tower†di kota Palembang.

Menara dirancang untuk dibangun di kota Palembang, sehingga perencanaan beban angin dan data tanah diambil dari salah satu lokasi di kota Palembang. Menara didesain setinggi 72 meter, dengan tipe profil baja yang digunakan yaitu Circular Hollow Section, dan Equal Angles. Beban angin dirancang untuk probabilitas 0,02 atau periode ulang 50 tahunan dengan sudut datang arah angin 00, 600, dan 900. Pondasi yang dipilih untuk menara pemancar ini adalah pondasi bored pile diameter tiang 500 mm dan kedalaman 14 meter, sedangkan pile cap yang digunakan adalah pile cap dengan 2 tiang.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecepatan angin periode ulang 50 tahun di kota Palembang lebih kecil daripada yang disyaratkan oleh EIA/TIA-222-F-1996, dan perencanaan pondasi harus dikontrol terhadap gaya uplift oleh yang diakibatkan oleh menara pemancar.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


http://ejournal.unsri.ac.id/public/site/images/baitullahunsri/kodebar_124
ISSN: 2355-374X

Diterbitkan oleh:

Jurusan Teknik Sipil
Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya

Alamat Kantor:
Jl. Raya Palembang - Prabumulih Km. 32 Indralaya, OI, Sumatera Selatan (30662)
Phone: +62 711 580139
Faximile: +62 711 580139

E-mail:
jtsl@unsri.ac.id
sipil_ftunsri@yahoo.com

Homepage:
http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jtsl
http://sipil.ft.unsri.ac.id