PENGARUH SAMPAH PLASTIK DAN ABU SEKAM PADI TERHADAP KUAT GESER TANAH LEMPUNG LUNAK

Hendrik Jimmyanto

Sari


Jumlah sampah plastik setiap tahun terus meningkat seiring meningkatnya jumlah penduduk dan kemajuan teknologi. Sampah plastik jenis LDPE dapat digunakan sebagai bahan tambahan untuk memperbaiki sifat tanah yaitu terutama parameter kuat geser dari tanah lempung lunak. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis pengaruh penambahan kantong plastik dan abu sekam padi terhadap perubahan parameter kuat geser tanah dan membandingkannya dengan nilai parameter tanah asli.

Penelitian dilakukan di laboratorium dan pengujian kuat geser tanah dengan alat triaksial dengan kondisi UU. Tanah lempung lunak ini akan dicampur dengan bahan tambahan (addmixture) untuk meningkatkan nilai parameter kuat geser. Bahan tambahan yang digunakan yaitu dengan variasi 0,5%, 1%,1,5% dan 2% cacahan kantong plastik gula dengan ukuran 2 x 0,5 cm2 dan 0%,1%,2% dan 3% abu sekam padi dengan jumlah benda uji sebanyak 48 buah.

Hasil pengujian didapatkan bahwa untuk kadar 1% kantong plastik dan 1% abu sekam padi memiliki nilai kohesi maksimum sebesar 0,582 kg/cm2 dan kuat geser tanah maksimum sebesar 0,596 kg/cm2, sedangkan untuk sudut geser tanah maksimum diperoleh sebesar 10,507o pada variasi 2% kantong plastik dan 2% abu sekam padi. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan kantong plastik dan abu sekam padi dapat berpotensi untuk menaikkan nilai parameter kuat geser tanah.

 

Kata kunci: Uji Triaxsial UU, Kantong Plastik, Abu Sekam Padi, Kohesi, Sudut Geser, Kuat Geser


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


http://ejournal.unsri.ac.id/public/site/images/baitullahunsri/kodebar_124
ISSN: 2355-374X

Diterbitkan oleh:

Jurusan Teknik Sipil
Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya

Alamat Kantor:
Jl. Raya Palembang - Prabumulih Km. 32 Indralaya, OI, Sumatera Selatan (30662)
Phone: +62 711 580139
Faximile: +62 711 580139

E-mail:
jtsl@unsri.ac.id
sipil_ftunsri@yahoo.com

Homepage:
http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jtsl
http://sipil.ft.unsri.ac.id