PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KIMIA DASAR BERBASIS STEM PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI TERMODINAMIKA UNTUK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan untuk menghasilkan Bahan Ajar Kimia Dasar materi Termodinamika berbasis STEM Problem Based Learning yang valid dan praktis untuk mahasiswa pendidikan kimia. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE yang dimodifikasi dengan evaluasi formatif Tessmer. Langkah-langkah pengembangan produk yang digunakan meliputi analisis (analysis), perancangan (design) dan pengembangan (development). Evaluasi formatif Tessmer yang dilakukan dalam penelitian ini terdiri dari tahap self evaluation, expert review, one to one dan small group. Berdasarkan hasil penilaian kelayakan yang telah dilaksanakan pada tahap expert review untuk validasi materi sebesar 0,83 dengan kategori tinggi, validasi pedagogik sebesar 0,92 dengan kategori tinggi dan validasi desain sebesar 0,87 dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil uji kepraktisan yang telah dilaksanakan pada tahap one to one sebesar 88,83% dengan kategori sangat praktis dan pada tahap small group sebesar 90,68% dengan kategori sangat praktis. Dari hasil evaluasi tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar kimia dasar pada materi Termodinamika berbasis STEM Problem Based Learning telah memenuhi kriteria valid dan praktis..
Kata kunci: Penelitian Pengembangan, STEM Problem Based Learning, Termodinamika.
Full Text:
PDFView My Stats
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License