PENGEMBANGAN BUKU AJAR IKATAN KIMIA UNTUK MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA
Abstract
Abstrak:
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan buku ajar materi iktan kimia yang valid, praktis/kebolehgunaan dan efektivitas. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Kimia pada mahasiswa angkatan 2018. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D (Define, Design, Develop and Disseminate). Teknik pengumpulan data berupa angket dan walkthrough. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kevalidan materi menurut koefisien ‘Aiken sebesar 0,75 dengan kategori tinggi dan nilai koefisien Kappa sebesar 0,60 dengan kategori sedang, kevalidan desain menurut koefisien ‘Aiken sebesar 0,87dengan kategori tinggi dan nilai koefisien Kappa sebesar 1,00 dengan kategori sangat baik, dan kevalidan pedagogi/bahasa menurut koefisien ‘Aiken sebesar 0,80 dengan kategori tinggi dan nilai koefisien Kappa sebesar 1,00 dengan kategori sangat baik. Skor kepraktisan pada tahap uji produk I diperoleh nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,61 dengan kategori tinggi dan pada tahap uji produk II diperoleh nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,64 dengan kategori tinggi. Hasil uji coba pada mahasiswa yang mengikuti kuliah ikatan kimia didapatkan nilai pree test 43,2 dan pos test 80,1 dengan N-gain skor sebesar 0,65 dengan katagori keefektifan sedang. Berdasarkan skor yang diperoleh tersebut menunjukkan bahwa buku ajar ikatan kimia yang dihasilkan telah memenuhi kriteria valid/sah dan praktis/kebolehgunaan dan efektif.
Kata Kunci : Penelitian pengembangan, buku ajar, Ikatan Kimia
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36706/jppk.v7i2.14522
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License