PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENULISAN KARYA ILMIAH MELALUI PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU KIMIA KOTA PALEMBANG

Effendi Nawawi, Maefa Eka Haryani, Diah Kartika Sari, Muhammad Hadeli

Abstract


Penulisan artikel ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan guru dalam penulisan karya ilmiah memalui pelatihan penelitian tindakan kelas (PTK). Penulisan artikel ini didasarkan pada kegiatan workshop daring yang dilakukan bagi guru kimia Kota Palembang, workshop pelatihan PTK dilakukan selama empat hari, dua hari virtual (daring) dan dua hari kerja mandiri. Hasil survey terhadap 33 orang guru kimia menunjukan bahwa 75,75% belum melakukan proses kenaikan pangkat, hal disebabkan kurangmya kemampuan gruru dalam penulisan karya ilmiah.  Kegiatan workshop daring menggunakan desain pembelajaran berbasis riset (PJBL), dengan langkah-langkah oriantasi dengan mengamati video penulisan karya ilmiah, diskusi, penugasan, dan penyimpulan, serta presentasi. Sebagai alat pengumpul data adalah lembar observasi yang dilakukan saat kelas virtual oleh observer dan test hasil kegiatan belajar. Kegiatan workshop penulisan karya ilmiah: laporan penelitian tindakan kelas secara daring dapat meningkatkan kemampuan guru kimia dalam penulisan karya ilmiah (86,76% skor peserta workshop di atas rata-rata minimal), berdampak pada peningkatan kinerja guru.

 

Kata Kunci: penulisan karya ilmiah, kemampuan guru, penelitian tindakan kelas.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jppk.v8i1.14549

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

 

  Hasil gambar untuk logo google scholar

Gambar terkait