• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • Pengembangan Soal Kimia Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Materi Hidrolisis Garam | Zahro | Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia

    Pengembangan Soal Kimia Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Materi Hidrolisis Garam

    Zahro Zahro, Ravensky Yurianty Pratiwi

    Abstract


    Perserta didik yang mampu berpikir kritis dan kreatif perlu dipersiapkan untuk menghadapi perkembangan teknologi dan informasi saat ini dengan cara melatih mereka mengerjakan soal-soal HOTS. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas serta kelayakan kimia HOTS pada bahan hidrolisis garam. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan ( Research & Development ). Metode penelitian dan pengembangan R & D adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Subjek penelitian adalah 6 orang siswa uji coba skala kecil dan 20 orang siswa uji coba skala besar. Instrumen yang digunakan yaitu lembar wawancara semi terstrukutur, instrumen tentang berbasis keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS), lembar validasi oleh ahli materi, ahli evaluasi, ahli bahasa, praktisi pendidikan, dan angket respon siswa. Berdasarkan validasi tentang ahli materi, evaluasi, bahasa dan, hasil validasi memiliki skor rata-rata VR 4,71 dikategorikan valid. Hasil analisis 15 soal dinyatakan valid secara logistik dan 13 soal valid secara empiris. Dengan reliabilitas sebesar 0,774 kategori tinggi, tingkat kesungkaran soal dengan kategori mudah, sedang, dan sukar berturut-turut 7%, 40%, dan 53%. Daya pembeda soal dengan kategori baik sebesar 47%, kategori cukup sebanyak 40% dan buruk 13%. Respon siswa memiliki nilai Praktikalitas 80% termasuk kategori praktis. Uraian di atas,

     




    DOI: https://doi.org/10.36706/jppk.v8i1.14585

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    View My Stats

     

    Creative Commons License

    This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

     

      Hasil gambar untuk logo google scholar

    Gambar terkait