PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS ETNOSAINS PADA MATERI KOLOID DAN KAITANNYA DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DI SMA NEGERI 2 KOTA JAMBI

Mirnawati Mirnawati, Fuldiaratman Fuldiaratman, Yusnidar Yusnidar

Abstract


Salah satu kecakapan yang harus dimiliki oleh siswa dalam kurikulum 2013 yaitu kecakapan kreativitas. Kreativitas dapat terwujud apabila siswa memiliki kemampuan berpikir kreatif yang tinggi. Pengembangan kemampuan berpikir kreatif siswa dapat dilakukan dalam proses pembelajaran yaitu dengan menerapkan model Project Based Learning berbasis Etnosains.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model PjBL berbasis Etnosains dan kaitannya dengan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi koloid.

Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan triangulasi konkuren. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas XI IPA 2. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan model PjBL berbasis Etnosains oleh guru maupun siswa dan tes essai kemampuan berpikir kreatif siswa. Untuk melihat kaitan penerapan model PjBL berbasis Etnosains dengan kemampuan berpikir kreatif siswa dilakukan uji korelasi product moment pearson.

Penerapan atau keterlaksanaan model PjBL berbasis Etnosains oleh siswa diperoleh sebesar 64,09% dengan kategori baik dan persentase kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 63,8%. Korelasi keterlaksanaan model PjBL berbasis Etnosains dengan kemampuan berpikir kreatif siswa diperoleh rxy= 0,79 dengan tingkat korelasi kuat. Hasil uji koefisien determinasi keterlaksanaan model PjBL berbasis Etnosains dengan kemampuan berpikir kreatif siswa yaitu 62,41% dengan tingkat korelasi kuat, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi atau kaitan antara penerapan model Project Based Learning berbasis etnosains pada materi koloid dengan kemampuan berpikir kreatif siswa di SMA Negeri 2 Kota Jambi.




DOI: https://doi.org/10.36706/jppk.v8i1.14932

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

 

  Hasil gambar untuk logo google scholar

Gambar terkait