ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN KIMIA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 SUNGAILIAT

Virda Utari, Bety Lesmini, Made Sukaryawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran kimia kelas XI di SMA Negeri 1 Sungailiat dan persepsi siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran secara daring. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif.  Populasi penelitian ini adalah siswa SMA kelas IX IPA SMA Negeri 1 Sungailiat pada tahun ajaran 2020/2021. Sampel penelitian merupakan siswa kelas XI IPA 4 dan XI IPA 5 sebanyak 71 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, dokumentasi, dan menggunakan angket kuesioner siswa. Analisis data menggunakan teknik analisa data model Miles dan Huberman serta menggunakan teknik analisa data statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pembelajaran daring di SMA Negeri 1 Sungailiat mata pelajaran kimia kelas XI IPA 4 dan kelas XI IPA 5 sudah terlaksana dengan baik dengan persentase pelaksanaan pembelajaran sebesar 85,41% dengan skor rata-rata sebesar 33,67. Hasil penelitian didukung persepsi terhadap pelaksanaan pembelajaran daring dengan kategori kuat sebesar 91,5%, kategori sangat kuat sebesar 4,2%, dan kategori cukup sebesar 4,2%. Pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran kimia kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Sungailiat tergolong kategori baik dan persepsi siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran daring tergolong kategori kuat.




DOI: https://doi.org/10.36706/jppk.v8i1.15255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

 

  Hasil gambar untuk logo google scholar

Gambar terkait