PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA INTERAKTIF UNTUK PEMBELAJARAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT DI KELAS X SMA NEGERI 1 INDERALAYA

Anita H. Simbolon, Fakhili Gulo, Andi Suharman

Abstract


Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) interaktif telah dilakukan dan diujicobakan untuk pembelajaran larutan elektrolit dan non elektrolit di kelas X SMA Negeri 1 Indralaya. LKS interaktif dikembangkan melalui tahapan Define (pendefenisian), Design (design), Develop (pengembangan) dan ujicoba Tessmer pada tahap develop. Hasil penelitian berdasarkan analisis data angket menunjukkan bahwa LKS interaktif telah valid dan layak digunakan dengan perolehan nilai analisis 4,2 dalam uji validitas materi, 4,1 dalam uji validitas media, 4 dalam uji validitas pedagogik serta 4,28 dalam ujicoba one to one dan 4,45 dalam ujicoba small group. Berdasarkan analisis tes berupa pretest dan posttest menunjukkan bahwa lembar kerja siswa interaktif telah efektif dan berpotensi meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 81,43 dan nilai N-gain score 0,54. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan lembar kerja siswa interaktif untuk pembelajaran larutan elektrolit dan non elektrolit di kelas X SMA Negeri 1 Indralaya telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.