PENGEMBANGAN MODUL KIMIA DASAR MATERI TERMOKIMIA BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS UNTUK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA
Abstract
Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menghasilkan Modul Termokimia Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis untuk mahasiswa prodi kimia yang valid, praktis, dan efektif. Proses pengembangan terdiri dari 3 tahap, yaitu preliminary investigation, theoritical embedding, dan empirical test. Teknik pengumpulan data berupa lembar validasi untuk data kevalidan, lembar angket untuk data kepraktisan, tes untuk data keefektifan dan tingkat berpikir kritis mahasiswa, observasi untuk mengetahui aktivitas berpikir kritis mahasiswa. Hasil validasi diperoleh nilai kevalidan sebesar 4,3 (sangat valid). Pada uji one-to-one diperoleh nilai kepraktisan 4,3 (sangat praktis), dan pada uji small group diperoleh nilai kepraktisan sebesar 4,5 (sangat praktis). Pada uji lapangan (field test) diperoleh nilai hasil belajar mahasiswa kelas kontrol dan eksperimen yang kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis uji-t yang didapat yaitu thitung (10,831) lebih besar dari ttabel (1,668). Uji hipotesis menyatakan bahwa Ha diterima, Ho ditolak, yang berarti hasil belajar mahasiswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan modul lebih baik daripada hasil belajar mahasiswa yang memperoleh pembelajaran tanpa menggunakan modul (efektif). Kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol, dengan rata-rata sebesar 62 untuk kelas eksperimen, dan 29 untuk kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul termokimia berbasis berpikir kritis untuk mahasiswa prodi kimia telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.36706/jppk.v1i2.1888
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License