DAMPAK PEMBELAJARAN GENERATIF BERBANTUAN POWERPOIN TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA TOPIK ASAM BASA DI SMAN 1 INDRALAYA UTARA

H. Herdi, Iceng Hidayat, Bety Lesmini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dampak pembelajaran generatif berbantuan powerpoin terhadap pemahaman siswa pada topik asam basa kelas XI SMAN 1 Indralaya Utara. Metode penelitian menggunakan eksperimen semu dengan desain penelitian non equivalent (pretest and posttest) control group design. Diperoleh nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen adalah 69,480 dan kelas kontrol adalah 65,063. Uji -t pada taraf signifikan 5%, diperoleh t(hitung) > t(tabel), yakni (2,147) > (2,000). Hasil analisa uji korelasi Pearson (r) diperoleh bahwa korelasi (r)  antara pembelajaran generatif berbantuan powerpoin dengan pemahaman adalah 0,691 sedangkan korelasi (r) antara pembelajaran generatif tanpa powerpoin dengan pemahaman adalah 0,447. Penerapan pembelajaran generatif berdampak positif terhadap pemahaman siswa pada topik asam basa. Pembelajaran generatif berbantuan powerpoin dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran oleh guru dalam pembelajaran kimia.



DOI: https://doi.org/10.36706/jppk.v1i2.1892

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

 

  Hasil gambar untuk logo google scholar

Gambar terkait