• https://theoejwilson.com/
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Periodik Unsur | Andini | Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia

    Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Periodik Unsur

    Ayu Andini, Luki Yunita, Dedi Irwandi

    Abstract


    Ayu Andini, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Periodik Unsur”. Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2022.

    Pembelajaran yang baik dilihat dari bagaimana suasana kelas serta interaksi antara guru dan siswa. Penggunaan media pembelajaran yang konvensional dan tidak bervariasi menyebabkan siswa tidak bersemangat dan akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan adanya pengaruh media pembelajaran Wordwall terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem periodik unsur. Metode penelitian ini yaitu metode kuasi eksperimen (Quasi Experimental) dengan desain penelitian Nonequivalent control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 60 siswa SMA Mitra Persada Jawilan tahun ajaran 2021/2022 yaitu 30 siswa X IPA 1 kelas eksperimen dan 30 siswa X IPA 2 kelas kontrol. Data dikumpulkan menggunakan soal tes objektif untuk menguku hasil belajar pada materi sistem periodik unsur. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah melakukan pembelajaran menggunakan Wordwall dengan hasil belajar siswa berdasarkan rata-rata nilai posttest untuk kelas eksperimen sebesar 80,15 dan kelas kontrol sebesar 70,15. Adapun hasil uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney terdapat hasil Sig (2-tailed) sebesar 0,003 Nilai Sig (2-tailed) ini < ? (0,05). Hal ini berarti menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai posttest yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran Wordwall terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem periodik unsur.

     

    Kata Kunci : wordwall, hasil belajar, sistem periodik unsur.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jppk.v10i1.20211

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    View My Stats

     

    Creative Commons License

    This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

     

      Hasil gambar untuk logo google scholar

    Gambar terkait