PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA MELALUI PERAN TUTOR SEBAYA SISWA KELAS X.A SMA

Marhamah Saumi, Sanjaya Sanjaya, K. Anom Wancik

Abstract


Peningkatan Hasil Belajar Kimia melalui Peran Tutor Sebaya Siswa Kelas X.A SMA. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas X.A SMA Negeri 3 Palembang melalui peran tutor sebaya. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dimana penelitian dilakukan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap kegiatan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes akhir siklus. Peran tutor sebaya dalam membantu teman lain memahami materi pelajaran dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata siswa dari T0 yaitu 62,27 (30,30%), T1 yaitu 70,46 (50%), T2 yaitu 78,22 (70,97%), dan T3 yaitu 83,17 (86,67%). Dengan demikian bagi guru, sekolah, dan peneliti lain dapat memanfaatkan hasil penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar.

Key Words: Learning Outcomes, Peer Tutor, Chemistry




DOI: https://doi.org/10.36706/jppk.v1i1.2383

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

 

  Hasil gambar untuk logo google scholar

Gambar terkait