REDUKSI MISKONSEPSI SISWA PADA KONSEP REAKSI REDOKS MELALUI MODEL ECIRR
Abstract
Implementasi model ECIRR (Elicit, Confront, Identify, Resolve, dan Reinforce) dalam mereduksi miskonsepsi siswa pada konsep reaksi redoks. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA 3, X IPA 5, dan X IPA 7 SMA Negeri 1 Sidoarjo. Penelitian dilakukan dengan menggunakan rancangan one group pretest posttest design. Instrumen yang digunakan adalah three-tier diagnostic test untuk menentukan miskonsepsi siswa. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil analisis menunjukkan pembelajaran remedial dengan menggunakan model ECIRR telah berhasil menggeser miskonsepsi siswa menuju tahu konsep sebanyak 97% (X IPA 3), 96% (X IPA 5), dan 97% (X IPA 7), dan meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan.
Keywords: reduction, misconception, redox, ECIRR.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.36706/jppk.v1i1.2387
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License