PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP KIMIA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN METODE EKSPERIMEN DI KELAS XI IPA 4 SMA NEGERI 1 OKU

Fresti Roza, Andi Suharman, Bety Lesmini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep kimia siswa dikelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 OKU melalui model pembelajaran Numbered Head Together(NHT) dengan metode eksperimen.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalahpenelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan datamenggunakan tes akhir siklus. Tes akhir siklusini digunakan untuk mengetahui pemahamankonsepkimia siswa. Rata-rata ulangan harian siswa sebelum diberi tindakan adalah sebesar51,23 (T0) dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 17,14%. Hasil penelitian menunjukkanbahwa pada siklus I rata-rata hasil tes akhir siklus siswa adalah sebesar 57,22 (T1) denganketuntasan belajar secara klasikal sebesar 38,71%. Pada siklus II rata-rata hasil tes akhir siklussiswa sebesar 63,62 (T2) dengan ketuntasan klasikal sebesar 65,52%. Hal ini menunjukkanadanya peningkatan hasil belajar pada tiap siklus jika dibandingkan dengan siklussebelumnya.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran NumberedHead Together (NHT)dengan metode eksperimen dapat meningkatkan pemahaman konsepkimia siswa namun tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM).



DOI: https://doi.org/10.36706/jppk.v2i1.2873

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

 

  Hasil gambar untuk logo google scholar

Gambar terkait