• https://theoejwilson.com/
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS BERPIKIR KRITIS PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI KELAS XI IPA MADRASAH ALIYAH NEGERI SAKATIGA | Jayanti | Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia

    PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS BERPIKIR KRITIS PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI KELAS XI IPA MADRASAH ALIYAH NEGERI SAKATIGA

    Tina Jayanti, Tatang Suhery, Desi Desi

    Abstract


    Penelitian pengembangan (Development Reseach) yang dilakukan di MAN Sakatigaini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbentuk modul berbasis berpikir kritis yangmemiliki kriteria valid, praktis dan efektif dalam pembelajaran kelarutan dan hasil kalikelarutan. Dalam proses pegembangannya melalui tahap self evaluation, expert review, one toone, small group dan field evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan lembarvalidasi, angket, dan tes hasil belajar. Lembar validasi digunakan untuk mengetahui gambarantentang kevalidan modul berbasis berpikir kritis yang telah dikembangkan, pemberian angketbertujuan untuk mengetahui kepraktisan modul berbasis berpikir kritis, dan tes hasil belajarbertujuan untuk mengetahui efektivitas modul berbasis berpikir kritis. Validitas materi sebesar44 dikategorikan baik, validitas pedagogik sebesar 49 dikategorikan baik, validitas desainmodul sebesar 21 dikategorikan sangat baik, praktikalitas sebesar 81%, dan efektivitasketuntasan belajar sebesar 82%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul berbasis berpikirkritis yang dikembangkan untuk pembelajaran kelarutan dan hasil kali kelarutan di kelas XIIPA MAN Sakatiga telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.



    DOI: https://doi.org/10.36706/jppk.v2i1.2881

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    View My Stats

     

    Creative Commons License

    This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

     

      Hasil gambar untuk logo google scholar

    Gambar terkait