PENGEMBANGAN TES PILIHAN GANDA PIKTORIAL UNTUK MENGUKUR PENGUASAAN PENGETAHUAN FAKTUAL, KONSEPTUAL, DAN PROSEDURAL SISWA SMA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN

Wiwi Siswaningsih, Nahadi Nahadi, Deden Cahaya Kusuma

Abstract


Pengembangan Tes Pilihan Ganda Piktorial untuk Mengukur Penguasaan Pengetahuan Faktual, Konseptual, dan Prosedural Siswa SMA pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan.Penelitian yang dilakukan mengenai pengembangan tes pilihan ganda piktorial untuk mengukur penguasaan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural siswa SMA pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penelitian ini dilakukan di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Majalengka dengan subjek penelitian berjumlah 74 siswa SMA yang telah mempelajari materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah instrumen tes pilihan ganda piktorialyang memenuhi kriteria dilihat dari segi validitas isi, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda yang dapat digunakan untuk mengukur penguasaan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural siswa SMA pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penelitian ini dilakukan karena belum tersedia alat evaluasi yang menunjang implementasi kurikulum 2013 untuk mengukur penguasaan pengetahuan faktual, konseptual, maupun prosedural pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Pengembangan dan Validasi. Pada penelitian ini, butir soal yang dikembangkan sebanyak 29 butir soal. Berdasarkan uji validitas isi dengan CVR, diperoleh 21 butir soal yang memenuhi kriteria validitas isi. Berdasarkan reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda, butir soal yang dikembangkan memiliki nilai reliabilitas sebesar 0,721 yang masuk kriteria bagus, sebagian besar soal memiliki tingkat kesukaran yang masuk kriteria sedang, dan sebagian besar soal memiliki daya pembeda yang masuk kriteria cukup.Butir soal yang dikembangkan mampu digunakan untuk mengukur penguasaan pengetahuan faktual, pengetahuan konseptual, dan pengetahuan prosedural. Hasil angket terhadap siswa menunjukkan bahwa sebagian besar siswa menunjukkan respon positif terhadap penggunaan tes piktorial.



DOI: https://doi.org/10.36706/jppk.v3i2.8158

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

 

  Hasil gambar untuk logo google scholar

Gambar terkait