MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PGMIPAU PRODI KIMIA FKIP UNTAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI

Rahmat Rasmawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis mahasiswa dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri. Bentuk penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan subjek 21 mahasiswa PGMIPAU FKIP Untan yang mengambil mata kuliah Basic Chemistry. Alat pengumpul data utama dalam penelitian ini tes berpikir kritis dan alat pengumpul data pembantu adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas mahasiswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terjadinya perubahan ketuntasan dan kategori keterampilan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah pembelajaran , yaitu ketuntasan berubah dari 0% menjadi 95% dan kategori keterampilan berpikir kritis dari kurang terampil menjadi terampil. Keterlaksanaan tahapan pembelajaran inkuiri dari pertemuan I, II, dan III masing-masing terlaksana 100%. Aktivitas mahasiswa menunjukkan perilaku yang relevan dan yang kurang relevan dengan proses pembelajaran masing-masing sebesar 98% dan 2%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa.



DOI: https://doi.org/10.36706/jppk.v3i1.8188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

 

  Hasil gambar untuk logo google scholar

Gambar terkait