PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SMA NEGERI 13 PALEMBANG

Risa Wardani, S. Sanjaya, D. Desi

Abstract


Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X SMA Negeri 13 Palembang.Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap hasil belajar kimia siswa kelas X SMA Negeri 13 Palembang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu. Sampel yang digunakan siswa kelas kelas X MIA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 7 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) memiliki pengaruh terhadap hasil belajar kimia siswa kelas X SMA Negeri 13 Palembang..Hasil analisis uji hipotesis menggunakan uji t dengan program SPSS 18. Diperoleh nilai t hitung sebesar 2,278 t tabel sebesar 1,991, dengan  = 0,05. Disarankan bagi guru, agar dapat memilih model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS).




DOI: https://doi.org/10.36706/jppk.v4i1.8197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

 

  Hasil gambar untuk logo google scholar

Gambar terkait