PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) PADA MATA PELAJARAN KIMIA KELAS X MIA 2 SMA NEGERI 5 PALEMBANG

Dita Tria Putri, Made Sukaryawan, Bety Lesmini

Abstract


Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) pada Mata Pelajaran Kimia Kelas X MIA 2 SMA Negeri 5 Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas X MIA 2 SMA Negeri 5 Palembang dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi / evaluasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar pada tiap akhir siklus. Rata – rata nilai belajar siswa sebelum dilakukan tindakan (T0) sebesar 62,09 dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 41,93%. Pada siklus I (T1) ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 72,41% dengan rata – rata nilai sebesar 74,48. Hal ini disebabkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD melibatkan peserta didik untuk mampu bekerja sama dan berpikir secara mandiri. Pada siklus II (T2) rata – rata nilai menjadi 81,33 dengan hasil belajar 90%. Peningkatan ini terjadi karena siswa aktif dalam bertanya, diskusi kelompok, dan menjawab pertanyaan yang diberikan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran kimia, maka dapat disimpulkan bahwa T2>T1 > T0.




DOI: https://doi.org/10.36706/jppk.v4i1.8200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

 

  Hasil gambar untuk logo google scholar

Gambar terkait