PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) DI KELAS XI SMA TRI DHARMA PALEMBANG

Yanti Irma Purnamasari, M. Hadeli L., Sofia Sofia

Abstract


Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) di Kelas XI SMA Tri Dharma Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) di kelas XI IPA ICT SMA Tri Dharma Palembang . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dilakukan dalam tiga siklus pada siklus I terdiri dua kali pertemuan, siklus II terdiri dari dua kali pertemuan, dan siklus III terdiri dari dua kali pertemuan Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes akhir siklus. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui keaktifan siswa dan tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Rata-rata keaktifan siswa dalam kelompok pada siklus I 59,79%, pada siklus II 67,07 % dan pada siklus III 73,17 %. Rata-rata nilai hasil belajar siswa sebelum dilakukan tindakan (T0) yaitu 52,16 dengan persentase ketuntasan 31,58 % , rata-rata tes siklus I (T1) adalah 61,76 dengan persentase ketuntasan 52,94 %, nilai rata-rata pada siklus II (T2) adalah 71,79 dengan persentase ketuntasan 71,43 % dan nilai rata-rata pada siklus III (T3) adalah 80,31  dengan persentase ketuntasan 87,5 Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kimia siswa.




DOI: https://doi.org/10.36706/jppk.v4i1.8210

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

 

  Hasil gambar untuk logo google scholar

Gambar terkait