PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANSTUDENT TEAMS ACHIEVEMENTDEVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KIMIA KELAS XI SMA SRIJAYA NEGARA PALEMBANG

Eko Dianto, A Rachman Ibrahim, Bety Lesmini

Abstract


Abstak: Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran kimia sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kimia kelas XI IPA 2 SMA Srijaya Negara Palembang melalui penerapan model Student Teams Achievement Devisions (STAD). Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Student Teams Achievement Devisions (STAD) terdiri dari lima tahap presentasi kelas, tim, kuis, skor kemajuan individual dan rekognisi tim. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Srijaya Negara Palembang dengan jumlah siswa 30 orang. Penelitian inidilaksanakan sebanyak 3 siklus. Rata-rata hasil belajar siswa sebelum tindakan (T0) sebesar 69,17 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 43,3%. Rata-rata hasil belajar siswapada siklus I (T1) adalah 73,79 dengan persentase ketuntasan belajar 58,6%. Pada siklus Ihasil belajar tergolong rendah, hal ini dikarenakan terdapat kekurangan pada sintaks penyajian materi, tahap belajar kelompok dan  tahap presentasi kelas, kekurangan tersebutdibenahi pada siklus II. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II (T2) adalah 77,86 denganpersentase ketuntasan 75,9%, pada siklus II hasil belajar siswa tergolong tinggi, akan tetapi  belum mencapai ketuntasan klasikal, hal tersebut disebabkan masih terdapat kelemahan pada tahap penyampain materi oleh guru dan tahap belajar kelompok, kelemahan tersebut diperbaiki pada siklus III. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus III (T3) adalah 83,33 dengan persentase ketuntasan belajar belajar 86,7%. Berdasarkan data observasi keaktifan siswa, terjadi peningkatan aktivitas siswa yaitu pada siklus I sebesar 54%, siklus II sebesar 71,3% dan siklus III sebesar 79,9%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Student Teams Achievement Devisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


Keywords


Penelitian Tindakan Kelas, Model Student Teams Achievement Devisions (STAD), Hasil Belajar Kimia

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jppk.v5i1.8389

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

 

  Hasil gambar untuk logo google scholar

Gambar terkait

 

 

 

https://siapadia.riau.go.id/plugins/pulsa-limaribu/bajak scatterhttps://pmb.uts.ac.id/cbt/public/hitam/https://ftk.parahikma.ac.id/robopragma/https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/pulsaceban/https://fsi.unjani.ac.id/course/scatter/kakekslotakun pro jepangkkn777https://jitel.polban.ac.id/plugins/maria/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/superhoki/https://rsp.unri.ac.id/stats/demoterus/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/styles/menangya/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/idnslot/https://pmt.unwir.ac.id/dist/demoslot/https://jippm.uho.ac.id/public/site/scatterr/https://digilib.unila.ac.id/style/auto/kkn777casino onlineturbox500

slot gacor slot maxwin slot thailand slot demo togel online bandar togel dagangtoto slot gacor slot gacor slot online slot gacor scatter hitam mulia77 mulia77 slot gacor slot gacor slot gacor slot gacor slot gacor https://jdih1.sambas.go.id/assets/ https://jdih1.sambas.go.id/assets/?site=uang4d dagangtoto slot gacor scatter hitam slot gacor mulia77 slot pragmatic slot gacor mulia77 mulia77 dagangtoto rtp slot slot gacor slot gacor slot gacor maxwin slot gacor mulia77 slot maxwin slot gacor maxwin slot gacor slot terpercaya slot gacor maxwin slot pragmatic slot gacor pragmatic play slot gacor mulia77 link slot gacor skl77 slot gacor maxwin77 slot gacor slot thailand slot gacor slot thailand slot gacor terpercaya slot online slot gacor link slot gacor slot online terpercaya mulia77 slot gacor mantap21 mulia77 https://jdih.wantannas.go.id/amp/ slot gacor muliajp slot gacor slot online