PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI SMA

Sucilia Saputri, Fuad Abd Rachman, Hartono Hartono

Abstract


Pengembangan Modul Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Materi

Larutan Penyangga telah dilakukan dan diterapkan di kelas XI IPA 6 SMA Negeri

3 Palembang. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan Modul Berbasis  Keterampilan  Proses  Sains  pada   Materi  Larutan  Penyangga   yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Penelitian ini dilakukan berdasarkan model pengembangan Rowntree dan dimodifikasi dengan evaluasi Tessmer. Kevalidan bahan ajar diperolah dari tiga ahli yaitu ahli pedagogik, materi, dan desain.  Kevalidan  pedagogik  diperolah  rerata  sebesar  0,78  dengan  kategori validitas tinggi, kevalidan materi diperoleh rerata sebesar 0,67 dengan kategori validitas tinggi ,dan kevalidan desain modul diperoleh rerata sebesar 0,58 dengan kategori validitas cukup. Kepraktisan modul dilihat dari skor rerata angket pada tahap one to one dan small group. Skor rerata kepraktisan adalah 0,80 dengan kategori kepraktisan tinggi. Keefektifan modul dapat dilihat dari hasil tes belajar yang dilakukan pada tahap field test. Pada tahap field test didapatlah n-gain sebesar

0,68   dengan   kategori   keefektifan  sedang.   Dari  nilai  yang  telah   diperoleh

menunjukkan bahwa modul berbasis keterampilan proses sains telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.


Keywords


Penelitian Pengembangan, Modul Kimia, Keterampilan Proses Sains, Larutan Penyangga, Valid, Praktis, Efektif.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jppk.v5i1.8416

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

 

  Hasil gambar untuk logo google scholar

Gambar terkait