PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (MPPKB) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP KIMIA SISWA KELAS XI IPA 3 SMA NEGERI 1 TANJUNG RAJA

Paramita Dewi, Andi Suharman, Jejem Mujamil

Abstract


Penelitan ini  bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep kimia siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Tanjung Raja dengan menggunakan Model Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir  (MPPKB).  Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Pengumpulan data  dilakukan  dengan  menguunakan  tes  yang  dilakukan  diakhir siklus. Terjadi peningkatan pemahaman konsep kimia siswa yang tercermin dari rata-rata hasil belajar dan ketuntasan siswa. Hasil belajar dan ketuntatsan siswa sebelum tindakan adalah59.2 dan 22.22% , siklus I 61.98  dan 25%, siklus II 73.26 dan 58.33%, siklus III 80.91 dan 86.11%.


Keywords


Model Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (MPPKB), Pemahaman Konsep Kimia

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jppk.v5i1.8422

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

 

  Hasil gambar untuk logo google scholar

Gambar terkait