PENGEMBANGAN MODUL KESETIBAMBANGAN KIMIA BERBASIS KONSTRUKTIVISME LIMA FASE NEEDHAM

Bella Tri Utami, Made Sukaryawan, Jejem Mujamil

Abstract


Penelitian Pengembangan Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Konstruktivisme Lima Fase Needham merupakan penelitian pengembangan, dengan menggunakan model pengembangan Rowntree dan dimodifikasi dengan evaluasi formatif Tessmer. Teknik pengumpulan data berupa lembar validasi untuk data kevalidan, lembar angket untuk kepraktisan, tes untuk data keefektifan peserta didik. Penelitian ini terdiri dari tiga tahap yaitu: perencanaan, pengembangan, dan evaluasi. Pada tahap evaluasi menggunakan model evaluasi formatif Tessmer yang terdiri dari: Self Evaluation, Expert Review, One To One dan Small Group. Pada expert review terdapat ahli materi, ahli pedagogi dan ahli desain diperoleh rerata 0,736 skala Aiken dengan kategori valid. Tahap ujicoba one to one dilakukan oleh 3 peserta didik diperoleh rerata 4,44 skala Likert (sangat praktis) dan ujicoba small group dilakukan oleh 6 peserta didik diperoleh rerata 4,32 skala Likert (sangat praktis), sehingga diperoleh rerata dari keduanya sebesar 4,32 skala Likert yang termasuk kategori sangat praktis. Hasil tabel rentang kategori N-gain menunjukkan nilai 0,4 adalah kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat dinyatakan bahwa modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Konstruktivisme Lima Fase Needham yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dan praktis.

Keywords


Penelitian Pengembangan, Modul Kesetimbangan Kimia, Konstruktivisme, Lima Fase Needham



DOI: https://doi.org/10.36706/jppk.v5i2.8436

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

 

  Hasil gambar untuk logo google scholar

Gambar terkait