IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) PADA PELAJARAN KIMIA SISWA KELAS XI IPA SMA YAYASAN IBA PALEMBANG

Wenny Prima Garini, H Hartono, Effendi Nawawi

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran Group Investigation (GI) pada pelajaran kimia siswa kelas XI IPA I SMA Yayasan IBA Palembang. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI IPA I SMA Yayasan IBA Palembang yang berjumlah 20 siswa terdiri dari 13 orang perempuan dan 7 orang laki-laki. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) dapat memberikan kesempatan siswa untuk berperan secara aktif serta memotivasi siswa, mendorong siswa dalam keterlibatan belajar dan memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi maupun dalam keterampilan proses kelompok. Dari data hasil observasi pertemuan pertama 75,91%, pertemuan kedua dan ketiga 63,18%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti menyarankan agar model pembelajaran Group Investigation (GI) ini dapat diterapkan oleh guruguru kimia lainya dengan baik sehingga aktifitas dan hasil belajar siswa lebih efektif.

Keywords


Penelitian Deskriptif, Model Pembelajaran Group Investigation (GI)



DOI: https://doi.org/10.36706/jppk.v5i2.8439

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

 

  Hasil gambar untuk logo google scholar

Gambar terkait