PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MULTIMEDIA PADA PEMBELAJARAN KIMIA DASAR FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA
Abstract
Penelitian Pengembangan bahan ajar berbasis multimedia bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar yang valid dan praktis. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (development research) dengan menggunakan model ADDIE terdiri dari lima tahapan, yakni Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (penyampaian produk), Evaluation (evaluasi). Kuailitas produk dievaluasi dengan menggunakan metode evaluasi formatif Tessmer yang terdiri dari self evaluation, expert review, one to one evaluation, small group evaluation. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan expert review, dan angket. Melalui tahap expert review dengan memperoleh skor kevalidan kevalidan materi sebesar 0,75 termasuk kriteria layak, kevalidan pedagogik sebesar 0,77 termasuk kriteria layak, kevalidan media sebesar 0,75 teramasuk kriteria layak, dapat disimpulkan bahwa Bahan ajar berbasis multimedia yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid. Berdasarkan ujicoba one to one diperoleh nilai sebesar 90,67% termasuk dalam kategori sangat baik dan small group diperoleh nilai sebesar 90,67% termasuk dalam kategori sangat baik, dapat disimpulkan bahwa Bahan ajar berbasis multimedia yang dikembangkan telah memenuhi kriteria praktis. Dapat disimpulkan bahwa LKPD interaktif yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dan praktis.
Keywords
Full Text:
PDFView My Stats
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License