• https://theoejwilson.com/
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • HASIL BELAJAR MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN MODUL LARUTAN ELEKTROLIT DAN SIFAT KOLIGATIF LARUTAN BERBASIS STEM-PROBLEM BASED LEARNING PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA | Winda | Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia

    HASIL BELAJAR MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN MODUL LARUTAN ELEKTROLIT DAN SIFAT KOLIGATIF LARUTAN BERBASIS STEM-PROBLEM BASED LEARNING PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA

    Zakia Winda, Tatang Suhery, D Desi

    Abstract


    Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar mahasiswa antara pembelajaran modul larutan elektrolit dan sifat koligatif larutan berbasis STEM-Problem Based Learning dengan pembelajaran konvensional di FKIP Universitas Sriwijaya. Teknik pengumpulan data menggunakan pra tes, pos tes dan lembar observasi. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung sebesar 7,389 dan nilai ttabel sebesar 1,671. Berdasarkan hasil uji-t dapat disimpulkan thitung> ttabel yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar mahasiswa antara pembelajaran modul larutan elektrolit dan sifat koligatif larutan berbasis STEM-Problem Based Learning dengan pembelajaran konvensional di FKIP Universitas Sriwijaya.


    Keywords


    Metode eksperimen semu, modul larutan elektrolit dan sifat koligatif larutan, STEM-Problem Based Learning, hasil belajar



    DOI: https://doi.org/10.36706/jppk.v6i1.8483

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    View My Stats

     

    Creative Commons License

    This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

     

      Hasil gambar untuk logo google scholar

    Gambar terkait