PENGEMBANGAN MODUL KOLOID BERORIENTASI CHEMOENTREPRENEURSHIP(CEP) UNTUK KELAS XI SMAN 9 PALEMBANG

Ummi Khairani Urfa, S Sanjaya, K Anom W

Abstract


Penelitian yang berjudul “Pengembangan Modul Koloid Berorientasi Chemoentrepreneurship (CEP) Untuk Kelas XI SMAN 9 Palembang” dirancang dengan dasain Development Research yang mengikuti model pengembangan ADDETessmer. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul koloid berorientasi chemoentrepreneurship (CEP) yang valid, praktis, dan efektif. Pengumpulan data menggunakan metode walkthrough, angket, dan tes. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif, data hasil penelitian dianalisis dengan cara menghitung rerata skor dan menentukan kriteria pada katagori penilaian tertentu. Hasil analisis menunjukan bahwa modul memperoleh rata-rata skor validasi sebesar 3,3 dari validator dan 3,28 dari rata-rata skor angket tiga siswa, sehingga dinyatakan praktis, modul dinyatakan sangat praktis karena memperoleh rata-rata skor dari data angket siswa sebesar 3,33 dan dinyatakan efektif karena memperoleh rata-rata skor dari tes hasil belajar siswa sebesar 75,86 dalam kategori baik. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa modul koloid berorientasi chemoentrepreneurship (CEP) yang dihasilkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif. 


Keywords


chemoentrepreneurship (CEP), koloid, pengembangan



DOI: https://doi.org/10.36706/jppk.v6i1.8485

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

 

  Hasil gambar untuk logo google scholar

Gambar terkait