IMPLEMENTASI SISTEM KREDIT SEMESTER PADA PEMBELAJARAN KIMIA DI SMAN BALI MANDARA

Tjokorda Gde Putra Wirama

Abstract


Penelitian kualitatif ini bertujuan mendeskripsikan implementasi Sistem Kredit Semester (SKS) dan hasil belajar kognitif kimia siswa di SMAN Bali Mandara. Subjek dalam penelitian ini adalah wakil kepala sekolah urusan kurikulum, guru kimia, guru BK, pembimbing akademik (PA), dan peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumen, observasi, dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Siswa baru SMAN Bali Mandara kurang memahami program SKS karena tidak adanya sosialisasi khusus. (2) SMAN Bali Mandara belum sepenuhnya memfasilitasi minat siswa, terbukti dengan tidak adanya kelas peminatan bahasa. (3) Proses pembelajaran di SMAN Bali Mandara belum efektif karena kurangnya ketersediaan ruang kelas. (4) Peran PA di SMAN Bali Mandara merangkap menjadi orang tua asuh (mata pita) karena sekolah asrama (5) Guru tetap mengajar walaupun rombongan belajar kurang dari standar minimum dan jam mengajar tidak diakui oleh pemerintah karena guru memiliki dedikasi tinggi dalam memfasilitasi kemampuan belajar siswa. (6) Hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran kimia pada semester I dan II belum seluruhnya memenuhi KKM. (7) Siswa yang memiliki nilai akhir pelajaran tidak memenuhi KKM diwajibkan mengikuti semester pendek untuk meremidiasi pencapaian kompetensi-kompetensi dasar yang belum mencapai KKM. Dengan demikian, implementasi SKS di SMAN Bali Mandara belum berlangsung secara optimal dan hasil belajar kimia siswa belum seluruhnya mencapai KKM



DOI: https://doi.org/10.36706/jppk.v6i2.9367

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

 

  Hasil gambar untuk logo google scholar

Gambar terkait