PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII SMP DALAM MATERI GARIS DAN SUDUT MELALUI PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING

Stefanny Hepta Augustine, Yusuf Hartono, Indaryanti Indaryanti

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan pendekatan model Reciprocal Teaching  pada materi garis dan sudut. subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP di Kota Palembang tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 15 siswa. Proses pembelajaran yang digunakan yaitu menggunakan pembelajaran daring online yang disesuaikan dengan tahapan-tahapan Reciprocal Teaching. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis yang terdiri atas 5 soal, kemudian didukung oleh observasi aktivitas siswa untuk memperoleh data tambahan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil kemampuan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan pendekatan model Reciprocal Teaching pada materi garis dan sudut pada 15 siswa kelas VII SMP di Kota Palembang terkategori baik dengan rincian : presentase siswa yang memiliki kemampuan pemahaman konsep matematika dengan kategori sangat baik adalah sebanyak 40%. Serta persentase rata-rata dari data tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sebesar 78,86%  termasuk dalam kategori baik.

 


Keywords


Kemampuan Pemahaman Konsep, Reciprocal Teaching

Full Text:

PDF

References


Afdhal, M., & Sugiman, S. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Reciprocal Teaching Berorientasi pada Antusiasme dan Kemampuan Berpikir Krisis Siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2) : 173-186

Anwar. (2006). Penerapan Pendekatan Reciprocal Teaching Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Media Komputer Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP. Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas VIIIA di SMP Negeri 37 Bandung

Baroody, A. J., Feil, Y., Johson, A. R. (2007). An alternative reconceptualization of procedural and conceptual knowledge. Journal for Research in Mathematics Edducation, 38. 115-131

Carpenter, T. P., Hiebert, J., & Moser, J. M. (1992). Cognitively Guided Instruction: A knowledge base for reform in primary mathematics instruction. The Elementary School Journal, 97(1) : 3-20

Chotima, M. C., Hartono, Y., & Kesumawati, N. (2019). Pengaruh Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self-Efficacy Siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1) : 71-79

Depdiknas. (2003). Pedoman Khusus Pengembangan Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi SMP. Depdiknas. Jakarta

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Kusumawati, N. (2010). Peningkatan Kemampuan Pemahaman, Pemecahan Masalah, dan Disposisi Matematika Siswa SMP melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Disertasi FPMIPA UPI. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Luluk, A. (2012). Efektivitas Penggunaan Model Reciprocal Teaching Dengan Melakukan Fieldtrip Terhadap Hasil Belajar Matematika. Skripsi. Semarang : IAIN Walisongo

Mayani, D., Hasbi, & Baharuddin, P. (2014). Penerapan Metode Latihan Berstruktur Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bilangan Berpangkat Kelas X MIA 5 SMA Negeri 4 Palu. Jurnal Elektronik Pendidian Matematika Tadulako, Volume 2 No. 1, 55-56

Munifah, S. F. (2010). Penerapan Model Reciprocal Teaching Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas IX Akutansi Rsbi SMKN 1 Depok. Skripsi. Yogyakarta : UNY

Muslimin., Indaryanti., & Susanti, E. (2017). Pembelajaran Matematika dengan Model Reciprocal Teaching untuk Melatih Kecakapan Akademik Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 11, Nomor 1.

Palincsar, A.S., & Brown, A. (1984). Reciprocal teaching of Comprehension Fostering and Comprehension mentoring Activities. Cognition and Instruction. Vol 1 No. 2

Puskur Dit PLP. (2003). Kurikulum 2004. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. Depdiknas. Jakarta




DOI: https://doi.org/10.36706/jls.v2i2.12167

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika



Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Department of Undergraduate Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: lenterasriwijaya@fkip.unsri.ac.id
contact person: +6281354633381 (Weni)

p-ISSN: 2685-9564 | e-ISSN: 2684-7175



Indexed in:

   width=120

Creative Commons License

Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats