• https://theoejwilson.com/
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN BAHAN AJAR BERBASIS ANDROID PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA | Rahman | Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

    PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN BAHAN AJAR BERBASIS ANDROID PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA

    M. Taufiq Qur Rahman, Hapizah Hapizah

    Abstract


    The purpose of this study was to see the attitude of independence and student learning outcomes after
    applying problem based learning (PBL) using Android-based teaching materials on arithmetic
    sequences and series material. This type of research is descriptive research. The research subjects were
    35 students of class XI MIA 1 SMA Negeri 10 Palembang. The data collection techniques used were
    observation, questionnaires and written tests. The results of this study indicate that the independence of
    students after implementing PBL using Android-based teaching materials can be categorized as good,
    namely with an average of 82.76%. While student learning outcomes are categorized as good with an
    average value of 77.5


    Keywords


    Arithmetic sequences and series, learning outcome, PBL, independence

    Full Text:

    PDF

    References


    References

    Amir, M. T. (2016). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning Bagaimana Pendidik

    Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan. Jakarta: Kencana.

    Anugraheni, I. (2017). Penggunaan Penilaian Teman Sejawat (Peer Assesmen) Untuk Mengukur Hasil

    Belajar Psikomotorik Pada Perkuliahan.

    Arifin, Zainal. (2016). Evaluasi Pembelajaran (Prinsip, Teknik, dan Prosedur), Cetakan Kedelapan,

    Jakarta: Rosda Karya.

    Asriningtyas, A. N., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem

    Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar

    Matematika Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(1), 23-32

    Bernard, M., & Senjayawati, E. (2019). Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematik Siswa SMP

    dengan Menggunakan Pendekatan Metaphorical Thinking Berbantuan Software Geogebra.

    Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan.

    Candra, Eka., Kurniawati, I., & Ferdianto,F. (2020). KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP

    MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL). LOGIKA Jurnal Ilmiah Lemlit

    Unswagati Cirebon, 23(1), 26-30.

    Dwiyanto, Firman dan Surur, Miftahus. (2016). Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah. Surabaya: CV

    Garuda Mas Sejahtera.

    Firmana, Yohanes Daya. (2016). Penggunaan dan Pemanfaatan Smartphone di Kalangan Siswa Kelas

    X, Studi Kasus: SMA Negeri 3 Pati Kelas X MIA-6. Skripsi. Salatiga: Fakultas Teknologi

    Informasi, Universitas Kristen Satya Wacana.

    Hapizah, dkk. (2017). Pengembangan LKS Berbasis Problem Based Learning Materi Aritmetika Sosial

    Kelas VII. JPPM, 10(2): 82-94.

    Jumaisyaroh, T., Napitupulu, E. E., & Hasratuddin, H. (2015). Peningkatan kemampuan berpikir kritis

    matematis dan kemandirian belajar siswa smp melalui pembelajran berbasis masalah. kreano,

    Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(2), 157-169.

    Kemdikbud. (2014). Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Matematika

    SMP/MTs. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

    Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Ditinjau dari Hasil Belajar

    IPS Siswa Kelas 4 SD. Scholaria:Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.

    Lestari, N. P., & Sri Sutarni, M. P. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Pada Materi Barisan dan Deret

    Berdasarkan Teori APOS (Action, Process, Object, Schame) di kelas XI SMK Muhammadiyah

    Kartasura Tahun Pelajaran 2017/2018 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah

    Surakarta).

    Ngalimun, N. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

    Nuraeni, N. N. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Bangun Ruang melalui

    Alat Peraga Balok dan Kubus pada Siswa Kelas Vic di Sdn Danau Indah 01 Kec. Cikarang

    Barat Kabupaten Bekasi. Jurnal Pedagogiana, 8(4)

    Nurdiansyah. (2016). InovabsiModel Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia

    Learning Center.

    Perdana, S. A., & Slameto, S. (2016). Penggunaan Metode Problem Based Learning (PBL) Berbantuan

    Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar,

    Jurnal Pendidikan dasar Universitas Sebelas Maret, 4(2). 119026.

    Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Strategi dan tingkat kepekaan bilangan siswa sekolah dasar

    dalam menyelesaikan masalah operasi bilangan bulat. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1),

    -28.

    Romi Julia. (2015).Pengembangan Aplikasi Android Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada

    Materi Dimensi Tigas Untuk Siswa SMA Kelas X. Jurnal Pendidikan Matematika FMIPA UM.

    Saefullah, A., Siahaan, P., & Sari, I. M. (2013). Hubungan antara sikap kemandirian belajar dan prestasi

    belajar siswa kelas X pada pembelajaran fisika berbasis portofolio. WaPFi (Wahana

    Pendidikan Fisika),1(1).

    Sugiyono, (2011). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. bandung: Alfabeta.

    Sulangi, V. R., Mangobi, J. U., & Siby, R. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN

    PROBLEM POSING DENGAN TEKNIK PROBING PROMPTING DENGAN TEKNIK PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA,

    JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi), 8(2), 109-112

    Triyanto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Konsep, Landasan, dan

    Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana

    Prenada Media Group.

    Warti, E. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD

    Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika,

    (2), 177–185. https://doi.org/10.1007/BF02686293

    Yaumi, Muhammad. (2013). Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jls.v3i2.14376

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2021 Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

    Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
    Department of Undergraduate Program on Mathematics Education
    Faculty of Teacher Training and Education
    Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
    Kampus FKIP Bukit Besar
    Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
    Palembang - 30139 Indonesia
    email: lenterasriwijaya@fkip.unsri.ac.id
    contact person: +6281354633381 (Weni)

    p-ISSN: 2685-9564 | e-ISSN: 2684-7175



    Indexed in:

    Soil Science - Jurnal Ecosolum Terakreditasi Sinta 4 Unhas (Journal of  Ecosolum Unhas Accredited Sinta 4)  width=120

    Creative Commons License

    Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

     

    View My Stats