ANALISIS KESULITAN SISWA SMP KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

revva krismona, muhammad win afgani, liana septy

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu berdasarkan pertimbangan tertentu. Pertimbangan yang dimaksud berdasarkan banyaknya jenis-jenis kesulitan yang dialami siswa. Sedangkan subjek yang diambil dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII.3 yang terdiri dari 21 orang siswa/siswi. Instrumen penelitian ini menggunakan soal tes dan wawancara. Teknik pengumpulan data berupa tes dan wawancara. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penerikan kesimpulan. Hasil penelitian dalam penelitian ini yaitu kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar antara lain kesulitan konsep, kesulitan keterampilan dan kesulitan pemecahan masalah. Pada konsep siswa tidak memahami konsep bangun ruang sisi datar, pada keterampilan siswa melakukan kesalahan dalam operasi hitung matematika sedangkan pada pemecahan masalah siswa tidak dapat menyelesaikan soal dikarenakan terkendala soal yang diberikan berbeda dengan contoh soal yang ditemui siswa dikelas.

Kata kunci: Kesulitan siswa, Bangun ruang sisi datar


Keywords


PTK; Mahasiswa UIN Raden Fatah

References


Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediansinya. Jakarta: Rineka Cipta

Brousseau, G. (2002). Theory of Didactical Situations in Mathematics. New York: Kluwer AcademicPublishers.

Irawan, A., & Kencanawaty, G. (2016). Peranan Kemampuan Verbal dan Kemampuan Numerik Terhadap Kemampuan Befikir Kritis Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro , 5(2). 110-119.

Irianto, M. S., & Nur, A. S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Aplikasi Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Magistra : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 6 (1).001-009.

Isfan, I., & Rahim, U. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-soal Fungsi Kuadrat pada Siswa Kelas X, SMA Negeri 1 Asera. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika , 6 (1). 43-56.

Jalaludin, M. A., & Sari, V. T. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Bilangan Berpangkat pada Siswa Kelas X SMK Swata di Kota Cimahi. Jurnal Pendidikan Tambusai , 2 (6). 1796-1801.

Kurino, Y. D. (2019). Model Realistic Mathematic Education pada Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas , 5 (2). 184-187.

Ningsih, T. (2019). Peran Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Siswa di Era Revolusi Industri 4.0 di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Banyumas. INSANI: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 24(2). 220-231.

Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa . FIBONACCI : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika , 2(2) 8-18.

Nurhayati, & Bernard, M. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematik Siswa Kelas X SMK Bina Insan Bangsa pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan. Journal On Education, 1 (2). 497-502.

Putra, H. D., Thahiram, N. F., Ganiati, M., & Nuryana, D. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) , 6(2). 82-90.

Rohimah, S. M. (2017). Analisis Learning Obstacles pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika) , 10 (1). 132-141.

Wijayanti, I. A., Santyasa, I. W., & Agustin, K. (2018). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual dan Kemampuan Numerik Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeru 3 Abang. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia , 8(1) 49-60.




DOI: https://doi.org/10.36706/jls.v5i1.19162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Department of Undergraduate Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: lenterasriwijaya@fkip.unsri.ac.id
contact person: +6281354633381 (Weni)

p-ISSN: 2685-9564 | e-ISSN: 2684-7175



Indexed in:

Soil Science - Jurnal Ecosolum Terakreditasi Sinta 4 Unhas (Journal of  Ecosolum Unhas Accredited Sinta 4)  width=120

Creative Commons License

Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats