• https://spadav2.unikal.ac.id/lang/paito-hk/
  • Sbotop
  • http://fairplay.uho.ac.id/lapas/sensus/
  • https://theoejwilson.com/
  • https://penkopjurnal.uho.ac.id/cokky/cheat/
  • slot demo
  • iblis merah hack
  • https://prologue.sastra.uniba-bpn.ac.id/js/idslot/
  • alexis toto
  • Robot Merah Hack
  • pusat maxwin
  • santuy4d
  • https://spada.ppg.ung.ac.id/mod/sthai/
  • https://simlinmas.kemendagri.go.id/web/xgacor/
  • https://conference.uhnsugriwa.ac.id/pages/tslot/
  • http://jiseafa.lppm.unand.ac.id/js/demo-slot/
  • http://jiseafa.lppm.unand.ac.id/js/slotraf/
  • turbox500
  • Lapak Cheat
  • Lucky RP
  • https://www.ies.ftk.uinjambi.ac.id/pages/dewa288/
  • https://ett.ftk.uinjambi.ac.id/pages/ligaciputra/
  • https://rechtenstudent.uinkhas.ac.id/pages/scatter/
  • http://elearning.wisnuwardhana.ac.id/mod/santuymax/
  • https://jikesi.fk.unand.ac.id/js/bni4d/
  • https://elearning.pranataindonesia.ac.id/course/santuy4d/
  • http://ijsab.fateta.unand.ac.id/lib/pkp/zara4d/
  • Garudaslot
  • https://jikesi.fk.unand.ac.id/assets/wdbos/
  • slot thailand
  • https://e-journal.usd.ac.id/lib/pkp/scatter/
  • https://lexeconomicajournal.uinkhas.ac.id/pages/garudaslot/
  • garuda slot
  • garudaslot
  • ANALISIS KEBUTUHAN GRADING PADA JALAN TAMBANG DI PIT MTBU PT. PAMAPERSADA NUSANTARA DISTRICT MTBU, SUMATERA SELATAN | Ramadhan | Jurnal Pertambangan

    ANALISIS KEBUTUHAN GRADING PADA JALAN TAMBANG DI PIT MTBU PT. PAMAPERSADA NUSANTARA DISTRICT MTBU, SUMATERA SELATAN

    Gilang Anugerah Ramadhan, Mukiat ., Diana Purbasari

    Abstract


    PT. Pamapersada Nusantara (PAMA) district MTBU adalah perusahaan swasta yang bergerak di bidang kontraktor pertambangan dan mempunyai perjanjian kontrak dengan PT. Bukit Asam (Persero), Tbk. Pada Februari 2017, produksi overburden di Pit MTBU PT. Pamapersada Nusantara sebesar 1.113.755 bcm, sedangkan target produksinya sebesar 1.710.000 bcm sehingga tingkat ketercapaiannya hanya sebesar 65,13%. Hal ini disebabkan adanya faktor hujan sehingga slippery tinggi. Perlu dilakukan perawatan jalan untuk menambah kecepatan alat angkut. Untuk melakukan perawatan jalan yang teratur maka perlu dilakukan analisis kebutuhan grading untuk menentukan perawatan jalan menggunakan Motor Grader Komatsu GD825A-2. Sehingga dapat meningkatkan produksi overburden. Untuk mempermudah penentuan kerusakan jalan maka jalan tambang dibagi menjadi 14 segmen berdasarkan beda grade dan tipe kerusakan jalan. Menilai kerusakan jalan tiap segmen digunakan metode URCI. Untuk menentukan waktu yang dibutuhkan Motor Grader dalam melakukan perawatan jalan di setiap segmen dilakukan (1) produktivitas Motor Grader, (2) waktu grading di tiap segmen. (3). Daya tahan jalan angkut tiap segmen. Produktivitas Motor Grader dalam maintenance jalan adalah 201.801,33 m2/jam untuk 3.760 meter di jalan angkut overburden di Pit MTBU. Waktu kebutuhan grading untuk semua segmen jalan adalah 4,29 jam. Faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas motor grader dalam maintenance jalan adalah skill operator, kondisi alat, kondisi permukaan jalan angkut, geometri jalan angkut dan cuaca. Produktivitas dumptruck di Pit MTBU sebelum di-maintenance dan sesudah di-maintenance menggunakan motor grader mencapai 224,82 bcm/jam dan meningkat menjadi 402,20 bcm/jam. Sehingga ketercapaiannya meningkat sebesar 78,90%.

     

    Kata kunci: Maintenance, Motor Grader, Produktivitas


    Full Text:

    PDF


    DOI: https://doi.org/10.36706/jp.v2i2.6367

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    View My Stats 

     

     

    Index by

    Garuda logo

    Google Scholar logo

     

    Sponsored By

    Hasil gambar untuk icon portaltambang