EVALUASI TEKNIS NILAI RECOVERY DAN KADAR KASITERIT PADA ALAT PAN AMERICAN JIG PBBT PT. TIMAH (PERSERO) TBK. PEMALI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG

Calvindoro Oentari, Mukiat ., RR Yunita Bayu Ningsih

Abstract


Pusat Pengolahan Bijih Timah (PPBT) PT. Timah (Persero) Tbk. merupakan salah satu unit pengolahan  yang dimiliki oleh PT. Timah yang bertujuan meningkatkan nilai kasiterit dalam endapan dengan mengolahnya. Pengolahan pada penelitian ini merupakan wet processing dengan menggunakan alat pan american jig, dimana feed berasal dari stockpile hasil penambangan. Kontrol kualitas yang kurang dalam penerapan standar operasional yang telah ditetapkan oleh perusahaan PT. Timah mengakibatkan nilai kadar dari kasiterit dan recovery yang didapatkan dari alat pan american jig belum memenuhi standar minimal perusahaan. Kurangnya nilai kadar dan recovery ini diakibatkan oleh faktor panjang pukulan, frekuensi pukulan dan kecepatan aliran horizontal yang tidak sesuai dengan standar operasional yang ada. Menggunakan standar operasional yang telah ditetapkan PT.Timah (Persero) Tbk. sebagai nilai acuan sehingga setelah evaluasi pada faktor panjang pukulan, frekuensi pukulan dan kecepatan aliran horizontal pada jig menghasilkan nilai kadar senilai 50,85% dan nilai recovery sebesar 96,17%. PT.Timah (Persero) Tbk. disarankan untuk menerapkan standar operasional yang telah ditetapkan dan melakukan pengawasan selama proses pengolahan berlangsung.

 


Full Text:

PDF

References


Wills, B.A. (2006). Will’s Mineral Processing Technology. Seventh Edition, Australia: Elsevier Science & Technology Books.

SME. (2002). Mineral Processing Plant Design, Practice, and Control Vol. 1, USA: Society for Mining, Metallurgy, and Exploration, Inc.

Anonim. (2006). Standar Operasional Pencucian Jig, Pangkalpinang: PT. Timah (Persero) Tbk.

Sigit, H.P. (2010). Penyebaran Cebakan Timah Sekunder di Daerah Kecamatan Airgegas Kabupaten Bangka Selatan Propinsi Kepulauan Bangka Belitung. Jurnal Ilmiah MTG, 3(2).

Effendi, H. (2009). Materi Pelatihan Teknis Tingkat Dasar Bidang Penambangan Darat Timah, Pangkal Pinang.

ESDM. (2001). Konsep Pedoman Teknis Tata Cara Penetapan Dan Pengawasan Sumber Daya Dan Cadangan Bahan Galian, Jakarta: ESDM.

Falconer, A. (2003). Gravity Separation: Old Technique / New Methods. Physical Separation in Science and Engineering, 12(1), 31-48.

Anaperta, Y. (2012). Optimalisasi Proses Pencucian Kapal Isap Produksi (Kip) Timah Penganak dalam Meningkatkan Pencapaian Produksi di Laut Permis. Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan, 5(1).

Widaputra, Y., Arief, T., Herlina W. (2014). Evaluasi Kinerja Jig Pada Kapal Isap Produksi Timah 12 Daerah Perairan Laut Tempilang Bangka Barat Di Unit Laut Bangka Pt Timah (Persero) Tbk, Provinsi Bangka Belitung. Jurnal Ilmu Teknik, 2(5).

Argan, W. (2008). Kajian Teknis Optimalisasi Jig Primer Pada Proses Pengolahan di Kapal Keruk Bemban PT. Koba Tin, Bangka Belitung, Yogyakarta: Universitas Pembangunan “Veteran”.




DOI: https://doi.org/10.36706/jp.v3i3.9560

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats 

Index by

Hasil gambar untuk garuda ristekdikti logoHasil gambar untuk google scholar logo

Hasil gambar untuk s4 sinta

 

Sponsored By

Hasil gambar untuk icon portaltambang