• https://spadav2.unikal.ac.id/lang/paito-hk/
  • Sbotop
  • http://fairplay.uho.ac.id/lapas/sensus/
  • https://theoejwilson.com/
  • https://penkopjurnal.uho.ac.id/cokky/cheat/
  • slot demo
  • iblis merah hack
  • https://prologue.sastra.uniba-bpn.ac.id/js/idslot/
  • alexis toto
  • Robot Merah Hack
  • pusat maxwin
  • santuy4d
  • https://spada.ppg.ung.ac.id/mod/sthai/
  • https://simlinmas.kemendagri.go.id/web/xgacor/
  • https://conference.uhnsugriwa.ac.id/pages/tslot/
  • http://jiseafa.lppm.unand.ac.id/js/demo-slot/
  • http://jiseafa.lppm.unand.ac.id/js/slotraf/
  • turbox500
  • Lapak Cheat
  • Lucky RP
  • https://www.ies.ftk.uinjambi.ac.id/pages/dewa288/
  • https://ett.ftk.uinjambi.ac.id/pages/ligaciputra/
  • https://rechtenstudent.uinkhas.ac.id/pages/scatter/
  • http://elearning.wisnuwardhana.ac.id/mod/santuymax/
  • https://jikesi.fk.unand.ac.id/js/bni4d/
  • https://elearning.pranataindonesia.ac.id/course/santuy4d/
  • http://ijsab.fateta.unand.ac.id/lib/pkp/zara4d/
  • Garudaslot
  • https://jikesi.fk.unand.ac.id/assets/wdbos/
  • slot thailand
  • https://e-journal.usd.ac.id/lib/pkp/scatter/
  • https://lexeconomicajournal.uinkhas.ac.id/pages/garudaslot/
  • garuda slot
  • garudaslot
  • PERSEPSI SISWA TENTANG DUNIA KERJA DAN MINAT MEMASUKI DUNIA KERJA DI SMKN SUMSEL PALEMBANG KELAS XII TEKNIK PEMESINAN | Konsadila | Jurnal Pendidikan Teknik Mesin

    PERSEPSI SISWA TENTANG DUNIA KERJA DAN MINAT MEMASUKI DUNIA KERJA DI SMKN SUMSEL PALEMBANG KELAS XII TEKNIK PEMESINAN

    Gita Konsadila, Imam Syofii, Nopriyanti Nopriyanti

    Abstract


    Jenis penelitian yaitu mixed methods gabungan antara kuantitatif dan kualitatif. Teknik sampling kuantiatif pada penelitian ini menggunakan total sampling, sedangkan teknik sampling kualitatif menggunakan purposive sampling. Populasi penelitian adalah siswa SMKN SUMSEL Palembang kelas XII Teknik Pemesinan. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui persepsi siswa tentang dunia kerja mengenai, Prasangka (82%), Sikap (83,75%), Distribusi Pendapatan (78,7%), Kebutuhan Sekitar (86,4%), dan Pengetahuan (85,6%), sehingga dapat disimpulkan berdasarkan hasil persentase keseluruhan yang didapat sebesar 83,24% yang artinya persepsi siswa tentang dunia kerja sangat baik. Sedangkan dari hasil penelitian tentang Minat Siswa Memasuki Dunia Kerja mengenai Keinginan dari dalam diri sendiri (80,84%), Bakat (81,9%), Kegiatan Sekolah (81,54%), Dorongan dari lingkungan (78,46%), dan Persepsi tentang dunia kerja (84,65%), dapat disimpulkan juga berdasarkan hasil persentase keseluruhan yang didapat sebesar 81,4% yang artinya minat siswa memasuki dunia kerja sangat besar atau hampir keseluruhannya.


    Full Text:

    PDF

    References


    Hamalik, Oemar. 2001. “Proses Belajar Mengajar”. Jakarta: Bumi Aksara.

    Nopriyanti. 2019. “Pengembangan Materi Ajar Media Pembelajaran Berbasis E-Learning di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin”. Palembang: Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sriwijaya.

    Peraturan UU Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 70 Tahun 2013 Tentang Kerangka dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan.

    Peraturan UU SISDIKNAS No. 20 tahun 2003 Tentang Pendidikan.

    Slameto. 2010. “Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya”. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

    Sudaryono, Naeklan. 2013. “Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran” dalam Jurnal Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Volume 1 No. 2. Medan: PGSD FIP Unimed.

    Sudira, Putu. 2012. “Filosofi dan Teori Pendidikan Vokasi dan Kejuruan”. Yogyakarta: UNY Press.

    Sugiyono. 2018. “Metode Penelitian Kombinasi”. Bandung: Alfabeta.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v10i1.10906

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


     

    Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
    Program Pendidikan Teknik Mesin
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia

    Diindeks dalam:

          

    View JPTM Stats

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.