• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • ANALISIS FAKTOR PENCAPAIAN KOMPETENSI KEAHLIAN PRAKTIK PENGOPRASIAN MESIN BUBUT SISWA KELAS XII SMKN 1 CIRUAS | Pambudi | Jurnal Pendidikan Teknik Mesin

    ANALISIS FAKTOR PENCAPAIAN KOMPETENSI KEAHLIAN PRAKTIK PENGOPRASIAN MESIN BUBUT SISWA KELAS XII SMKN 1 CIRUAS

    Fachri Pambudi, Hamid Abdillah, Deddy Supriatna, Ahmad Mujib

    Abstract


    Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang capaian kompetensi yang ada di sekolah menengah terutama sekolah menengah kejuruan yang diproyeksikan untuk masuk kerja pada saat setelah lulus. Metode penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan pendekatan study kasus. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMKN 1 Ciruas. objek penelitian kali ini adalah data dari pencapaian kompetensi pada pembelajaran praktik pengoprasian mesin bubut kelas XII. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. penelitian ini memakai teknik non probability samping sebagai ketentuan yang dipakai pada penelitian kualitatif. Analisis data yang diambil sesuai dengan prosesnya yaitu dengan melakukan analisis data kualitatif dengan cara interaktif kemudian berlangsung secara terus menerus hingga mendapatkan data yang jenuh. Hasil yang telah didapatkan pada wawancara dengan informan guru adalah dari kompetensi yang ada pada kelas pengopresaian mesin bubut terjadinya pembatasan kompetensi yang hanya sampai 9 kompetensi yang seharusnya kompetensi pada mata pelajaran praktik pengoprasian mesin bubut harus diselesaikan hingga 17 kompetensi sesuai dengan KI/KD yang berlaku.  Ketidaktercapaian tersebut dapat menyebabkan kurangnya siswa mendapatkan bagian yang seharusnya bisa didapatkan dengan cara menuntaskan semua kompetensi yang ada pada mata pelajaran praktik pengoperasian mesin bubut tersebut. Solusi bagi peneiti adalah bagi guru untuk menambahkan kemampuan kompetensinya lagi yaitu mengikuti pelatihan LSP, BNSP, dan sejenisnya. Kemudian guru juga harus bisa mengevaluasi kurikulum yang dapat menimbulkan terhambatnya capaian kompetensi yang ada di sekolah SMKN 1 Ciruas. dan sarana dan prasarana penunjang harus dapat ditambah lagi untuk mendukung proses keberlangsungan praktik siswa.

    Full Text:

    PDF

    References


    Abbas, Wafa Abdullah Faqih. 2019. “Strategi Pengembangan Sdm Dalam Persaingan Bisnis Industri Kreatif Di Era Digital.” ‘Adliya Vol. 13 (No. 1):115–26.

    Afriyeni, Afriyeni, and Doni Marlius. 2019. “Analisis Tingkat Pengembalian Dan Risiko Investasi (Studi Pada Industri Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia).” Osfpreprints 1–14.

    Agus Ridwan Misbahudin., Rina Asmaul. 2022. “UPAYA MEMINIMALKAN GAP ANTARA KOMPETENSI LULUSAN SMK DENGAN TUNTUTAN DUNIA INDUSTRI.” Jurnal Teknik WAKTU 20(1):12–14.

    Azmiati, Febby Fitria, Juniman Silalahi, Program Studi, Pendidikan Teknik, Fakultas Teknik, and Universitas Negeri Padang. 2019. “Karakter Siswa Smk Jurusan Bangunan Di Kota Padang Sebagai Calon Tenaga Kerja Tingkat Menengah.” Issn : 2622 - 6774 5(4):1–6.

    Fitriany, Rany. 2021. “Pengaruh Pelatihan Kepemimpinan Dasar Meningkatkan Self Efficacy Pada Siswa SMK.” Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi) 12 (2):173–85.

    Kencanawati, Cok Istri Putri Kusuma. 2017. Modul Bahan Ajar : Proses Permesinan. Teknik Mesin, Universitas Udayana.

    Kholis, Nur., Wibawa, Basuki., Soe prijanto. 2019. “Analisis Rantai Nilai Pendidikan Kejuruan Dalam Menggembangkan Entrepreneurship : Studi Kasus Pada SMK PGRI 20 Jakarta.” JSHP 3 (2):124–35.

    Ma’rifat, Kuat. 2021. “Mengenal Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan.” SMKN 4 Bandung. Retrieved (smkn4bdg.sch.id).

    Masril Mardhiah dkk. 2020. “Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Kurikulum 2013 Di SMK NEGERI 2 PADANG.” Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 12 (1):12–25.

    Miles, M.B. & Huberman, M. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Jakarta : Penerbit Universitas Indonesia.

    Parinsi, Mario Tulenan, Alfrina Mewengkang, and Tessa Rantung. 2021. “Perancangan Sistem Informasi Sekolah Di Sekolah Menengah Kejuruan.” Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi 1(3):227–40. doi: 10.53682/edutik.v1i3.1340.

    Rafidiyah, Diana., Kailani, Ahmad. 2020. “Identigikasi Potensi SMK MUhammadiyah Sebagai Lembaga Pendidikan Vokasi Yang Berkemajuan : Study Fenomenologi Terhadap Penerapan Program Revitalisasi SMK Di Indonesia.” Pedagogik Jurnal Pendidikan 15 (1):49–66.

    Sakalli, B. 2011. “An Investigation To Inprove Entrepreneurship Module in Vocational and Technical High School in Northern Cyprus.” The Online Jurnal of New Horizons in Education 1 (4):35–41.

    Supriyanto, Erlian. 2020. “Manufaktur Dalam Dunia Teknik Industri.” Jurnal Industri Elektro Dan Penerbangan 3(3):1.

    Suryandari, Dhini., Hidayah, Retroningrum., Sukirman., Baroroh, Niswah., Hajawiyah, Ain. 2021. “Peningkatan Kopetensi Guru AkuntansiSekolah Menengah Kejuruan Melalui Pengembangan Kewirausahaan.” Jurnal Implementasi 1(1):65–70.

    Wibowo Nugroho. 2016. “Upaya Memperkecil Kesenjangan Kopetensi Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan Dengan Tuntutan Dunia Industri.” Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan 23 (1):45–50.




     

    Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
    Program Pendidikan Teknik Mesin
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia

    Diindeks dalam:

          

    View JPTM Stats

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.