PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN PADA MADARASAH ALIYAH NEGERI DI KABUPATEN BANTUL
Abstract
Program pendidikan keterampilan pada Madrasah Aliyah Negeri diselenggarakan untuk membekali siswa sehingga ketika lulus dari memiliki keterampilan untuk bekerja di dunia usaha/industri maupun berwirausaha mandiri. Namun dunia industri saat ini telah berkembang dan telah menuju era Revolusi industri 4.0 yang merupakan era penerapan teknologi modern seperti teknologi fiber (fiber technology) dan sistem jaringan terintegrasi (integrated network) yang bekerja disetiap aktivitas ekonomi dari produksi hingga konsumsi. Berkembangnya sistem teknologi informasi membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas, sehingga dibutuhkan juga sistem pendidikan yang dapat menghasilkan sumber daya manusia sesuai kebutuhan. Sehingga, program keterampilan pada Madrasah Aliyah Negeri juga harus menyesuaikan dengan tuntutan dan kebutuhan dunia kerja. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif. Alat pengumpulan data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner/angket. Instrumen akan divalidasi isi oleh ahli dan akan di validasi konstruk. Dari hasil analisis Pelaksanaan pemelajaran keterampilan teori dan praktikum di madrasah aliyah negeri diperoleh hasil sebesar 2% siswa menilai sangat baik, pada kriteria baik memperoleh skor 32%, pada kriteria kurang baik sebesar 66%, dan pada kriteria sangat kurang baik sebesar 0%.
Kata kunci: Madrasah Aliyah, keterampilan, praktik
Full Text:
PDFReferences
Alawiyah, F. (2014). Pendidikan madrasah di Indonesia. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 5(1), 51–58.
Anjani, T. R. D., & Darojatun, I. (2019). PROGRAM PELATIHAN KETERAMPILAN TATA RIAS PENGANTIN DALAM UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT (Studi kasus Penelitian pada Peserta Didik di LKP HENNY’S Kota Cimahi). Comm-Edu (Community Education Journal), 2(2). https://doi.org/10.22460/comm-edu.v2i2.2512
Atmawati, A., Samsudi, S., & Sudana, I. M. (2017). Keefektifan Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan Berbasis Industri pada Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video. Journal of Vocational and Career Education, 2(2). https://doi.org/10.15294/jvce.v2i2.13809
Ayu, P. E. S. (2019). Keterampilan Belajar dan Berinovasi Abad 21 Pada Era Revolusi Industri 4.0. Purwadita, 3(1).
FEBRI RINDU KUSUMASARI. (2020). IMPLEMENTASI KURIKULUM VOKASIONAL BERBASIS TEKNOLOGI DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI LULUSAN. NSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PONOROGO.
Kipper, L. M., Iepsen, S., Dal Forno, A. J., Frozza, R., Furstenau, L., Agnes, J., & Cossul, D. (2021). Scientific mapping to identify competencies required by industry 4.0. Technology in Society, 64, 101454.
Mariana, D., & Helmi, A. M. (2022). Madrasah Sebagai Lembaga Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1907–1919.
Maryanti, N., Rohana, R., & Kristiawan, M. (2020). The principal’s strategy in preparing students ready to face the industrial revolution 4.0. International Journal of Educational Review, 2(1), 54–69.
Ninik, -. (2020). PERANAN KOMITE SEKOLAH DALAM PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 1 TUNTANG KABUPATEN SEMARANG. Edukasi, 14(1). https://doi.org/10.15294/edukasi.v14i1.969
Purba, M. A., & Defriyando, A. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. SNISTEK, 3(September).
Purfitasari, S., Masrukhi, Prihatin, T., & Mulyono, S. E. (2019). Digital Pedagogy sebagai Pendekatan Pembelajaran di Era Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 2(1).
Reflianto, & Syamsuar. (2018). Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2).
Rymarczyk, J. (2020). Technologies, opportunities and challenges of the industrial revolution 4.0: theoretical considerations. Entrepreneurial Business and Economics Review, 8(1), 185–198.
Syahid, A. (2017). Pengembangan keterampilan vokasional di Madrasah Aliyah.
W, W. C., Sutikno, T. A., & Herwanto, H. W. (2019). Hubungan antara kompetensi keahlian dan kesesuaian praktik kerja industri terhadap kesiapan memasuki dunia kerja. TEKNO, 27(2). https://doi.org/10.17977/um034v27i2p93-104
Yuanita, S. M., Supriyanto, A., & Mustiningsih, M. (2020). MANAJEMEN KEMITRAAN MADRASAH ALIYAH DENGAN BALAI LATIHAN KERJA DALAM PROGRAM KETERAMPILAN. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(3). https://doi.org/10.17977/um027v3i32020p283
Yusadinata, A. S., Machmud, A., & Santoso, B. (2021). Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri (Prakerin), Informasi Dunia Kerja dan Motivasi Memasuki Dunia Kerja terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1318
Zubaidah, S. (2018). MENGENAL 4C: LEARNING AND INNOVATION SKILLS UNTUK MENGHADAPI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 1 Scientific Inquiry in Lecture View project Simas eric learning model View project. https://www.researchgate.net/publication/332469989
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Program Pendidikan Teknik Mesin
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia
Diindeks dalam:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.