PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK TUNA RUNGUPENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK TUNA RUNGU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh media flash card terhadap kemampuan membaca anak tunarungu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni dengan metode studi kepustakaan (library research). Tehknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Untuk menjaga ketepatan pengkajian dan mencegah kesalahan informasi dalam analisis data maka dilakukan pengecekan antar pustaka dan membaca ulang pustaka. Permasalahan dalam penelitian ini adalah anak tunarungu yang mengalami kesulitan dalam membaca, serta anak tuna rungu yang masih kesulitan dalam keaksaraan, kurangnya media pembelajaran untuk penambah kosa kata. Hasil penelitian ini adalah berpengaruhnya media flash card bagi kemampuan membaca anak tuna rungu, meliputi. : 1) Latar belakang media flash card dan kemampuan membaca anak tuna rungu, 2) Teknik dan prosedur penerapan media flash card pada kemampuan membaca anak tuna rungu, dan 3) Hasil penelitian penerapan media flash card pada kemampuan membaca anak tuna rungu.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
AlHammadi, F. S. (2017). Prediction of child language development: A review of literature in early childhood communication disorders. Lingua, 199, 27–35. https://doi.org/10.1016/j.lingua.2017.07.007
Bahasa, S. (2016). Penggunaan Media Flashcard dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Tunarungu pada Bidang Studi Bahasa Indonesia di kelas III SDLB. Jassi Anakku, 11(2), 69–78.
Bangun, E. Y. (2012). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK TUNARUNGU MELALUI MEDIA FLASH CARD Oleh: Elmi Yanti Bangun. 1(1), 208–217.
Halliday, L. F., Tuomainen, O., & Rosen, S. (2017). Language development and impairment in children with mild to moderate sensorineural hearing loss. Journal of Speech, Language, and Hearing Research, 60(6), 1551–1567. https://doi.org/10.1044/2016_JSLHR-L-16-0297
Indrayani, A. O. (2016). PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD SISWA KELAS I SDN SUROKARSAN 2 YOGYAKARTA. SKRIPSI, June.
Setiawati, N., Dantes, P., & Candiasa, M. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Flash Card Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Kelas Vi Sdlbb Negeri Tabanan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran Ganesha, 5(1), 207288. https://doi.org/10.23887/jpepi.v5i1.1549
Sugiarti, S. (2015). Upaya Meningkatkan Kosa Kata Anak Tunarunggu Melalui Media Variasi Gambar Pada siswa Kelas V/ B DI. Meretas Sukses Publikasi Ilmiah Bidang Pendidikan Jurnal Bereputas, 1(2), 254–260. http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pip/article/view/7730/5554
Prastowo, Andi 2012. Metode Penelitian Kualitatif dalam Prespektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Tajalli, P., & Satari, S. (2013). Effectiveness of Metacognitive Strategies on Reading Skills of Students with Hearing Disorders. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 84, 139–143. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.06.524
Winarsih, M. (2010). Pembelajaran Bahasa Bagi Anak Tunarungu. Perspektif Ilmu Pendidikan, 22(XIII), 103–113. https://doi.org/10.21009/pip.222.1
Airha. 2012. Studi kepustakaan. (Online). (http://phairha.blogspot.co.i d/2012/01/studikepustakaan.html, Diakses pada tanggal 26 Mei 2020 Pukul 15.45 WIB)
DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v7i1.11598
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan mahyumi@fkip.unsri.ac.id
P-ISSN:2355-7443
E-ISSN: 2657-0785